Pengamat Pendidikan Khawatir Mengenai Konsep Asesmen Nasional Yang Digagas Nadiem

masukkampus

Pengganti Ujian Nasional benar-benar akan terealisasi pada tahun 2021. Persiapan yang matang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mulai dari sosialisasi hingga persiapan infrastruktur yang memadai.

Sebagai informasi, asesmen nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya masukan/input, proses, dan keluaran/output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan

Hal ini pun ditanggapi oleh pengamat pendidikan, Irianto. Ia menyambut baik keputusan Mendikbud Nadiem Makarim yang mengganti UN 2021 menjadi asesmen nasional.

Namun, ia memberi catatan yang perlu diperhatikan Mendikbud, yaitu sebelum dilaksanakan kepada siswa, setiap guru harus benar-benar memahami apa yang dimaksud asesmen nasional ini.

Jangan sampai seperti proses belajar daring (online) yang nyatanya masih banyak guru gelagapan dan akhirnya hanya memberi tugas-tugas kepada siswa. Padahal substansi dari pembelajaran online bukan seperti itu.

Ia menambahkan, bagaimana mungkin guru dapat menilai dengan baik para siswanya, jika gurunya sendiri belum memahami betul. Tak hanya itu, harus dipastikan juga apakah siswanya pun sudah terbiasa dengan pola-pola asesmen nanti.

Namun apabila dalam pelaksanaan asesmen nasional tidak berjalan baik, maka Irianto mengingatkan Mendikbud harus punya opsi lainnya.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah menambah satu tahun atau 6 bulan waktu pembelajaran, seperti yang pernah dilakukan pada tahun 1979/1980.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Catat! Ini Tipe Soal Dalam Ujian Asesmen Nasional

Nadiem Makarim selaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan semakin gencar mensosialisasikan ujian asesmen nasional sebagai pengganti UN. Asesmen nasional ini diperlukan untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum pada satuan pendidikan. Dengan demikian, asesmen nasional tidak dirancang untuk menghakimi sekolah, atau untuk melakukan pemeringkatan sekolah. Kemudian, asesmen nasional, akan dilakukan dengan […]

Subscribe US Now