Nadiem Makarim : Jangan Khawatir Infrastruktur Ujian Asesmen Nasional Sudah Disiapkan

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengganti syarat kelulusan peserta didik yang sebelumnya melalui ujian nasional (UN), kini menjadi asesmen dan survei karakter atau asesmen kompetensi minimum (AKM).

Mengenai hal tersebut, Mendikbud Nadiem Makarim akan mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan dalam standar asesmen dan survei karakter. Salah satunya terkait sarana dan prasarana.

Pihaknya pun akan terus mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola sarana prasarana tersebut.

Ia meminta kepada pemangku kepentingan di dunia pendidikan untuk membantu merealisasikan hal tersebut. Keterlibatan pemerintah daerah pun sangat diharapkan.

Selain itu ia menambahkan, siswa tidak perlu memikirkan sarana dan prasarana apa saja yang harus disiapkan dalam pelaksanaan asesmen nasional ini. Karena semua itu akan disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Nadiem, AKM ini merupakan upaya pemerintah dalam memerdekakan siswa. Maksudnya adalah kebebasan peserta didik dari diskriminasi sistemik yang tentunya berdampak pada pembelajaran. Selain itu, diharapkan juga siswa dapat lebih peduli lagi dalam mengolah informasi.

Diketahui pada 2021 kemendikbud akan mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan AKM sebesar Rp 478,4 miliar. Rinciannya yaitu sebesar Rp 358,2 miliar untuk AKM dan akreditasi, dan sebesar Rp 120,2 miliar untuk pendampingan pemerintah daerah terkait AKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengamat Pendidikan Khawatir Mengenai Konsep Asesmen Nasional Yang Digagas Nadiem

Pengganti Ujian Nasional benar-benar akan terealisasi pada tahun 2021. Persiapan yang matang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mulai dari sosialisasi hingga persiapan infrastruktur yang memadai. Sebagai informasi, asesmen nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya masukan/input, proses, dan keluaran/output pembelajaran di […]

Subscribe US Now