Asesmen Nasional Tak Bisa Jadi Alat Seleksi Ke Jenjang Berikutnya

masukkampus

Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan pada tahun 2021 UN akan digantikan dengan Asesmen Nasional.

Dalam pelaksanaannya pengganti UN itu tidak lagi bisa digunakan sebagai alat seleksi ke jenjang berikutnya.

Seperti yang kita ketahui, pada tahun sebelumnya nilai UN menjadi salah satu syarat untuk menuju ke jenjang berikutnya dengan nilai minimum yang telah ditetapkan. Namun, dalam asesmen nasional ini, hal tersebut tidak lagi bisa digunakan sebagai syarat dalam melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Nadiem menjelaskan sistem UN yang sudah ada sebelumnya hanya fokus mengukur murid dengan angka. Menurutnya, penilaian terhadap siswa tidak bisa dilakukan hanya dengan penilaian seperti itu. Berbeda halnya dengan asesmen nasional.

Dengan asesmen tersebut siswa di SD, SMP, SMA bisa berkembang dan bukan lulus karena satu atau dua mata pelajaran saja. Sekolah juga akan melihat tidak hanya akademik tetapi ada keahlian apa yang ada di dalam diri siswa. Sehingga saat terjun ke dunia kerja, siswa telah paham dan mengerti bahwa ia telah mempunyai keahlian yang tentunya akan diasah secara terus menerus untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem Makarim : Jangan Khawatir Infrastruktur Ujian Asesmen Nasional Sudah Disiapkan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengganti syarat kelulusan peserta didik yang sebelumnya melalui ujian nasional (UN), kini menjadi asesmen dan survei karakter atau asesmen kompetensi minimum (AKM). Mengenai hal tersebut, Mendikbud Nadiem Makarim akan mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan dalam standar asesmen dan survei karakter. Salah […]

Subscribe US Now