Asesmen Nasional Akan Diujikan Satu Tahun Jelang Kelulusan

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan Ujian Nasional (UN) akan diganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai 2021

Nadiem menjelaskan sistem UN saat ini hanya fokus mengukur murid dengan angka. Menurutnya, penilaian terhadap siswa tidak bisa dilakukan hanya dengan penilaian seperti itu.

Dalam pelaksanaannya sangat berbeda dengan pelaksanaan UN yang dilakukan di akhir jenjang sekolah, namun asesmen ini diadakan di pertengahan jenjang sekolah, yaitu kelas 4 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Hal ini dilakukan karena Nadiem ingin asesmen pengganti UN menjadi tolak ukur untuk sistem pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, jika dilakukan pada siswa yang akan lulus, maka pihak sekolah akan kewalahan untuk melakukan penguatan.

AKM ini juga menjadi alat untuk meredam kecurangan pada nilai rapor yang kerap terjadi. Dia menyebut AKM akan lebih baik dalam mencerminkan kemampuan siswa yang sesungguhnya serta untuk mengevaluasi sekolah.

Kemudian AKM akan lebih menjanjikan. Sebab, AKM juga mampu meningkatkan hasil PISA (Programme for International Student Assesment) atau Program Penilaian Pelajar Internasional.

Selain itu asesmen pengganti UN harus bersifat formatif. Dengan tujuan asesmen ini dapat menjadi umpan balik agar sekolah bisa melakukan perbaikan.

Terakhir ia menambahkan, asesmen ini bukan hanya untuk memilah mana baik dan buruk, namun yang menjadi catatan penting adalah untuk memberikan umpan balik dalam memperbaiki sistem pendidikan di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Asesmen Nasional Tak Bisa Jadi Alat Seleksi Ke Jenjang Berikutnya

Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan pada tahun 2021 UN akan digantikan dengan Asesmen Nasional. Dalam pelaksanaannya pengganti UN itu tidak lagi bisa digunakan sebagai alat seleksi ke jenjang berikutnya. Seperti yang kita ketahui, pada tahun sebelumnya nilai UN menjadi salah satu syarat untuk menuju ke jenjang berikutnya […]

Subscribe US Now