Tak Hanya Siswa, Kepsek Dan Guru Wajib Mengikuti Asesmen Nasional

masukkampus

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya masukan/input, proses, dan keluaran/output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Karena itu, Asesmen Nasional nantinya tak hanya dilakukan oleh murid, namun juga dilaksanakan kepada guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Tetapi dalam pelaksanaanya berbeda antara siswa, guru dan kepala sekolah.

Dalam pelaksanaannya murid akan mengikuti AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Sementara guru dan kepala sekolah hanya mengikuti Survei Lingkungan Belajar.

Selain itu, pendidikan juga bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi murid melalui tiga komponen pendidikan meliputi Kurikulum, Pembelajaran dan Asesmen.

Dalam implementasinya, Asesmen Nasional kemudian akan dimanfaatkan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berguna untuk perbaikan kualitas belajar mengajar, dan pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak dirancang untuk menghakimi sekolah melainkan untuk melakukan pemeringkatan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tidak Semua Siswa Bisa Ikut Ujian Asesmen Nasional Tahun 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini mulai menyosialisasikan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional pada 2021. Nadiem Anwar Makarim selaku Mendikbud mengatakan perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Asesmen Nasional […]

Subscribe US Now