Pengganti UN 2021, Asesmen Nasional Tidak Memerlukan Persiapan Khusus

masukkampus 1

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan para siswa tidak perlu mengikuti bimbingan belajar (bimbel) untuk mengikuti Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional (UN) yang akan digelar 2021.

Selain itu, diharapkan beban siswa dalam menghadapi ujian ini dapat berkurang.

Jika siswa mendapat nilai yang kurang baik pada asesmen nasional pengganti UN 2021, siswa dan sekolah tidak akan menerima konsekuensi.

Dengan kata lain asesmen nasional ini bertujuan mengevaluasi capaian pendidikan siswa secara nasional.

Untuk diketahui, Nadiem menjelaskan ada tiga macam ujian yang akan dilakukan pada Asesmen Nasional, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Ia menambahkan, keputusan menghapus UN sejak 2020 dan menggantinya dengan Asesmen Nasional adalah dapat membuat pendekatan pendidikan yang menyerupai Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) yang digunakan untuk mengevaluasi pendidikan secara global.

One thought on “Pengganti UN 2021, Asesmen Nasional Tidak Memerlukan Persiapan Khusus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Persiapan Kuliah Offline, Kampus Diminta Untuk Menyiapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

Dampak dari pandemi covid-19 untuk dunia pendidikan terhitung sangat banyak. Terlebih lagi, terdapat ratusan mahasiswa positif covid-19 di sebuah kampus di Jakarta. Hal ini memberikan sebuah bukti, jika dunia kampus merupakan area yang bisa menjadi tempat risiko tinggi untuk penularan covid-19. Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengambil […]

Subscribe US Now