Kemendikud: Mahasiswa Vokasi Jangan Minder Dengan Mahasiswa Sarjana Akademik

masukkampus

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto meminta mahasiswa vokasi jangan minder dengan rekan-rekan mahasiswa yang bergelar sarjana.

Ia menambahkan segala sesuatunya harus dilakukan dengan passion. Bahkan, masuk jurusan kuliah pun harus dengan passion.

Jika mahasiswa ingin keberadaannya naik maka harus dibuktikan dengan kompetensi kemampuan nonteknis yakni bisa bicara, berempati, kemampuan komunikasi yang baik, menerima perbedaan, dan berpikir kritis.

Di sisi lain, banyak perusahaan mengeluhkan lulusan perguruan tinggi sekarang kurang tahan menghadapi tekanan dalam dunia kerja, kurang dapat bekerja sama dalam sebuah tim, kurang dapat berkomunikasi lisan dan tulisan, serta kurang inisiatif, dan mudah bosan.

Diketahui kemendikbud tengah merancang konsep “pernikahan massal” antara pendidikan vokasi dan industri, dunia usaha dan dunia kerja. Program tersebut bukan hanya sekadar tanda tangan saja, namun lebih dalam dan erat.

Program itu mulai dari penyusunan kurikulum, pelatihan, magang, dosen tamu hingga pemberian beasiswa. Melalui program tersebut, maka semakin tinggi minat industri untuk merekrut lulusan pendidikan vokasi.

Terakhir, ia mengatakan bahwa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukan satu-satunya penentu kesuksesan mahasiswa setelah lulus dari kuliah. Namun yang utama adalah kompetensi nonteknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Ikutan Try Out Online UTBK 2021 Part 4 Sudah Dibuka Lhoo..!!

Haiii Gladiators..!Gimana kabarnyaa para pejuang PTN 2021 ?☺️ Yang sudah ditunggu-tunggu oleh kalian semua AKHIRNYA SUDAH DIBUKA lohhh 🥳 Yuk, ikutan TO UTBK 2021 Part 4. Try Out Termurah dan Terpercaya persembahan dari @masukkampus pastinya dengan berbagai keunggulan yang ada loh 🥳 Yuk disimak keunggulan yang ada di Try Out UTBK 2021 […]

Subscribe US Now