Ini Dia Alasan Kampus Tidak Memberikan Diskon Uang Kuliah Kepada Mahasiswa

masukkampus

Pandemi Covid-19 yang semakin hari jumlah kasusnya semakin bertambah, terpaksa membuat pihak kampus memperpanjang PJJ hingga tahun ajaran baru.

Tak lama setelah itu juga, mahasiswa pun menuntut pihak kampus untuk mengurangi biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Ide mengenai pengurangan UKT bukan tanpa sebab dikarenakan banyak orang tua mahasiswa yang terkena dampak pandemi ini, ditambah mereka tak dapat lagi menikmati kegiatan dan fasilitas kampus.

Kemudian, muncul pertanyaan mengapa ada beberapa kampus yang tidak mengurangi biaya kuliah mahasiswa ?

Hal pertama yang perlu kita luruskan terlebih dahulu adalah biaya berbeda dengan harga. Biaya adalah jumlah uang yang dikeluarkan, sedangkan harga jumlah uang yang dibebankan kepada konsumen dalam hal ini orang tua atau mahasiswa yang membayar uang kuliah

Meski mahasiswa tak lagi pergi ke kampus, bukan berarti pihak universitas tak lagi membayar biaya-biaya tetap. Tentunya yang paling besar adalah gaji pada staff pengajar dan administrasi.

Untuk dapat memberikan pengajaran yang efektif dan efisien secara daring, banyak infrastruktur online-nya yang harus dibenahi atau bahkan dibangun dari nol seperti berlangganan aplikasi online, investasi dalam perangkat lunak manajemen kursus, dan lainnya.

Namun, tak banyak juga sejumlah perguruan tinggi telah memberikan diskon uang kuliah. Hal ini tentunya didasarkan kemampuan perguruan tingginya itu sendiri.

Oleh karena itulah mengapa banyak dari kampus yang belum atau bahkan tidak memberikan potongan biaya kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kemendikbud Mengevaluasi Aplikasi Tertentu Yang Bisa Digunakan Pada Subsidi Kuota

Kemendikbud telah mengalokasikan Rp7,2 triliun untuk subsidi kuota gratis dengan dua pembagian, yakni kuota belajar dan umum kepada pelajar dan saat ini sudah dapat digunakan. Tetapi sangat disayangkan subsidi kuota belajar tidak dapat digunakan untuk aplikasi youtube, padahal untuk memperoleh materi-materi yang lebih dalam justru lebih banyak melalui aplikasi tersebut. […]

Subscribe US Now