3 Aspek Yang Akan Diujikan Sebagai Pengganti Ujian Nasional 2021

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional pada tahun 2021 mendatang.

Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Selain itu, asesmen nasional menjadi salah satu alternatif transformasi pendidikan di tingkat sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran di lingkup satuan pendidikan.

Perubahan mendasar pada asesmen nasional ini adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Nadiem mengatakan, asesmen nasional terdiri dari tiga bagian yaitu :

1.Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
2.Survei Karakter
3.Survei Lingkungan Belajar

Ia melanjutkan, AKM tentunya dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi.

Bagian kedua dari asesmen nasional adalah survei karakter, yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila.

Kemudian yang terakhir, survei lingkungan belajar adalah untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Terror Video Call Cabul Di Kampus, 13 Mahasiswi Menjadi Korban

Sebanyak 13 mahasiswi UIN Alauddin Makassar menjadi korban teror video call cabul  yang dilakukan oleh seorang pria tidak dikenal. Para korban telah melaporkan peristiwa yang dialaminya ke pihak kepolisian. Tim Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan telah mengamankan pelaku yang berusia 26 tahun tersebut. Menurut […]

Subscribe US Now