Ini Dia Kisah Anak Ojol Yang Bisa Mendapatkan Beasiswa 100%

masukkampus

Dzikru Rahman, putra dari pengemudi ojek online yang sangat menginspirasi. Pasalnya ia menjadi salah satu dari 10 penerima beasiswa yang berhak menimba ilmu di D3 Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) hingga membuat orang tuanya menangis haru.

Beasiswa itu diperoleh Dzikru setelah melewati proses yang ketat, seperti tes dan wawancara mengalahkan pendaftar lainnya.

Sang ayah, Sugito menjelaskan, bukan tanpa sebab mendaftarkan anaknya untuk memperoleh beasiswa. Karena, Dzikru pandai mengutak-atik mesin motor, hingga akhirnya sang anak diterima kuliah di PNJ.

Cerita yang dibagikan Dzikru lewat video sederhana yang viral, cukup membuat masyarakat terharu.

Dzikru menceritakan, awal mula dirinya tertarik dengan mesin, karena semua temannya banyak yang membicarakan otomotif dan mesin saat berkumpul bersama.

Yang membuat kagum adalah Dzikru sangat mengkhawatirkan mengenai sumber daya bahan bakar minyak bumi semakin lama semakin menipis. Maka dari itu, ia bertekad untuk dapat membuat mobil listrik sendiri.

Meski niat dan tekadnya kuat di bidang teknik mesin, tapi ia sempat mengalami sedikit kesulitan saat awal perkuliahannya. Karena, materi yang di dapat belum pernah ditemui di bangku SMA, seperti materi gambar teknik.

Dia juga menemui praktik-praktik yang sebelumnya tidak pernah diajarkan, seperti praktik kerja las, kerja pelat, dan praktik bubut. Namun, dia selalu mencoba untuk beradaptasi dengan materi yang ada.

Dia menambahkan, dirinya juga berencana untuk mengikuti Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) bidang mobil listrik untuk menambah ilmu dan memperbanyak pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

3 Aspek Yang Akan Diujikan Sebagai Pengganti Ujian Nasional 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional pada tahun 2021 mendatang. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, asesmen nasional menjadi salah satu alternatif transformasi pendidikan di tingkat sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran […]

Subscribe US Now