UI Mengizinkan Mahasiswanya Untuk Mengambil Mata Kuliah Di Universitas Lain

masukkampus

Sebagai bentuk dukungan dan mewujudkan Kampus Merdeka yang digagas Nadiem Makarim, Universitas Indonesia memberikan peluang kepada mahasiswanya untuk bisa mengambil mata kuliah di luar program studi (prodi) mereka hingga maksimal 60 SKS. Dengan tujuan agar para mahasiswa bisa mengembangkan minat dan bakatnya.

dr. Agustin selaku sekretaris UI mengatakan hal tersebut sangatlah positif, karena mahasiswa bisa mendapatkan wawasan yang sangat luas untuk memupuk minat dan bakat serta para mahasiswa akan mampu mengembangkan dirinya.

Pada praktiknya, mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil Satuan Kredit Semester (SKS) di luar substansi prodinya. Salah satu contohnya mahasiswa Kesehatan Masyarakat boleh mengambil mata kuliah yang menunjang di Unair (Universitas Airlangga). Pengambilan mata kuliah di luar prodi tersebut tentunya akan dilakukan secara bertahap.

Ia menambahkan bahwa UI memutuskan untuk mensejajarkan diri dan bersikap terbuka dalam level pendidikan secara internasional.

Selain itu, tujuan dari Kampus Merdeka ini juga agar mahasiswa dapat bersaing di dunia kerja khususnya di kanca internasional dan bisa memperoleh lapangan kerja yang sesuai atau mampu membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Biaya Wisuda Online Mencapai Jutaan Rupiah, Lebih Mahal Daripada Wisuda Offline

Wisuda adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa tingkat akhir, setelah perjuangan hebat yang telah ia lakukan. Mulai dari menguras fisik, pikiran, waktu dan tenaga. Tak khayal wisuda menjadi momen yang paling bahagia. Namun, di tengah wabah covid-19 yang melanda Indonesia, wisuda pun diubah sistemnya menjadi online. Banyak biaya yang […]

Subscribe US Now