Tujuh Sekolah Kedinasan Di Indonesia Ini Bisa Jadi Pilihan

masukkampus

Sekolah kedinasan tentunya berada di bawah naungan lembaga-lembaga negara. Tidak hanya kementerian, lembaga non-kementerian juga menaungi sekolah kedinasan. Seleksi kedinasan berbeda dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Lantas apa saja sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih ?

1. STIS
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) ialah sekolah kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) yang berdiri pada 11 Agustus 1958. Sekolah ini memiliki tiga program studi yaitu D3 statistik, D4 statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

2. AKPOL
Tentunya tidak asing lagi dengan nama AKPOl, yaitu Akademi Kepolisian. Sekolah kedinasan yang di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia ini menjadi paling favorit dibandingkan sekolah kedinasan lainnya. Tentunya hal ini dilandaskan dengan benefit lulusan yang menjanjikan. Tak hanya itu, lulusan taruna Akpol akan menyandang pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua). Untuk masuk di sekolah kedinasan ini, kamu harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat.

3. STAN
Selain Akademi Kepolisian, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di bawah naungan Kementerian Keuangan RI ini juga menjadi sekolah favorit bagi lulusan SMA/SMK. Tentunya dengan alasan setelah lulus dari STAN akan mudah mendapatkan pekerjaan. Sekolah ini yang berdiri pada tahun 1952 memiliki 4 jurusan yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabean dan Cukai serta Manajemen Kuangan.

Pendaftaran dari sekolah kedinasan ini biasanya dibuka setiap tahun, namun disayangkan pada tahun ini STAN tidak membuka pendaftaran dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia.

4. STIN
Mungkin kamu tidak asing lagi dengan yang namanya intelijen negara. Ternyata ada sekolahnya loh dengan nama Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN. Sekolah kedinasan ini sangat ketat melakukan proses penyaringan mahasiswanya.

Dikutip dari laman resmi STIN, sekolah ini mulai melaksanakan pembelajaran tahun 2004. Lulusan STIN bisa langsung bekerja di Badan Intelijen Negara (BIN).


5.AKMIL
Akademi Militer atau Akmil adalah sekolah kedinasan yang lulusannya langsung diangkat menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). AKMIL sendiri menyelenggarakan pendidikan khusus Taruna Angkatan Darat tingkat II, III dan IV.
.
6.IPDN
Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN yang di bawah naungan Kemneterian Dalam Negeri berdiri pada tahun 1956. Sekolah kedinasan yang terletak di Jatinangor, Jawa Barat ini bertujuan untuk mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.
.
7.STSN
STSN atau Sekolah Tinggi Sandi Negara saat ini bertransformasi menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (PoltekSSN). Sekolah kedinasan yang berada di Bogor, Jawa Barat didirikan guna memenuhi kebutuhan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur di bidang siber dan sandi negara. Tak hanya itu, diharapkan sekolah ini juga mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap keamanan informasi rahasia negara.
.
Sekolah kedinasan ini memiliki 5 program studi yaitu, rekayasa kriptografi, rekayasa perangkat keras kriptografi, rekayasa keamanan siber, manajemen persandian, dan teknik persandian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UI Mengizinkan Mahasiswanya Untuk Mengambil Mata Kuliah Di Universitas Lain

Sebagai bentuk dukungan dan mewujudkan Kampus Merdeka yang digagas Nadiem Makarim, Universitas Indonesia memberikan peluang kepada mahasiswanya untuk bisa mengambil mata kuliah di luar program studi (prodi) mereka hingga maksimal 60 SKS. Dengan tujuan agar para mahasiswa bisa mengembangkan minat dan bakatnya. dr. Agustin selaku sekretaris UI mengatakan hal tersebut […]

Subscribe US Now