Tradisi Ospek Di Madinah, Mahasiswa Indonesia Di Traktir Umroh

masukkampus

Pernahkah kamu membayangkan jika kegiatan ospek mahasiswa baru (maba) mendapatkan traktiran umroh dari mahasiswa senior ? Hal ini pernah terjadi oleh mahasiswa dari Indonesia yang menempuh pendidikan di Madinah, Arab Saudi.

Mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Arab Saudi tersebut adalah Muhammad Akhyar Hadi. Ia menceritakan bahwa mahasiswa baru diberikan voucher makan untuk tiga bulan serta duit pinjaman awal sebesar 300 riyal atau setara Rp 1,1 juta oleh pihak kampus. Tak hanya itu, maba juga akan mendapatkan uang ganti pengurusan paspor dan berkas sebesar 1800 riyal atau sekitar Rp 7,1 juta ditambah uang untuk belanja buku sebesar 480 riyal atau sekitar Rp 3,3 juta.

Namun, perbedaan yang paling signifikkan adalah kebaikan dari mahasiswa senior yang sangat terbuka dan mengayomi para maba. Hal ini ditunjukkan ketika para mahasiswa senior yang berani bolos untuk menemani maba saat ujian pemilihan jurusan. Bahkan mahasiswa senior juga sering membantu para maba mencarikan dana pendidikan jika membutuhkannya.

Tak hanya itu, hal yang membuat takjub adalah para mahasiswa senior dengan senang hati memberikan paket umroh gratis untuk para maba dan sudah termasuk penginapan di hotel berbintang. Selain itu, untuk menyambut kedatangan dari maba, para mahasiswa senior mengajak mereka tour berkeliling kota Madinah dan Mekkah dengan tujuan bisa semakin akrab. Serta tak tanggung-tanggung mahasiswa senior menyewa villa agar dapat bermain bersama para maba.

Lantas, mengapa mahasiswa senior di kampus-kampus Madinah bersikap seperti ini ? Ternyata alasannya adalah untuk mempertahankan tradisi yang telah dilakukan secara turun menurun.

Sangat berbeda bukan dengan ospek di Indonesia ? Yuk share pendapatmu di kolom komentar mengenai kegiatan ospek seperti apa yang kamu inginkan untuk dilakukan di kampus Tanah Air kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Hal Ini Membuat Kamu Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040. Nah, dengan adanya bonus demografi ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan pun akan semakin sulit. Yuk, buat kamu yang masih atau akan melanjutkan perkuliahan lakukan 5 hal ini agar cepat mendapatkan pekerjaan. 1. Aktif BerorganisasiMasih ingin jadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah-pulang kuliah-pulang itu […]

Subscribe US Now