5 Hal Ini Membuat Kamu Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

masukkampus

Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040. Nah, dengan adanya bonus demografi ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan pun akan semakin sulit. Yuk, buat kamu yang masih atau akan melanjutkan perkuliahan lakukan 5 hal ini agar cepat mendapatkan pekerjaan.

1. Aktif Berorganisasi
Masih ingin jadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah-pulang kuliah-pulang itu bagus ? Emang benar sih, kamu bisa unggul dalam nilai akademikmu tapi alangkah lebih bagusnya didukung dengan aktif berorganisasi, baik di dalam maupun di luar kampus. Dengan ikut berorganisasi, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran dan tentunya teman baru. Tidak hanya itu, kamu juga akan menambah relasi dengan angkatan atas yang berguna untuk kedepannya ketika kamu sedang mencari pekerjaan.

2. Asah Keterampilan atau Skill
IPK hanyalah penunjang sesaat ketika kamu sedang mencari pekerjaan. Namun yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah skill atau keterampilan. Karena itulah kamu harus memilih keterampilan dalam bidang yang kamu minati. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sangat mudah untuk kamu dalam mengasah skill terutama pada hal yang berkaitan dengan digital.

3. Ikut Kegiatan Sukarelawan atau Volunteer
Banyak mahasiswa yang insecure melihat teman-temannya yang aktif berorganisasi dan memegang jabatan tinggi di organisasi tersebut. Adapun salah satu cara untuk menghilangkan rasa insecure adalah dengan mempunyai pengalaman di luar kampus, yaitu mengikuti program sukarelawan dalam kegiatan tertentu, terkhusus kegiatan skala internasional. Hal ini bisa membuat kamu menjadi lebih berempati, membangun relasi, belajar budaya daerah atau negara tertentu dan belajar menghadapi banyak orang.

4. Ikut Program Magang
Selain ikut organisasi, sangat penting buat kamu untuk mengikuti program internship atau magang. Jangan hanya mengikuti program magang dari kampus saja, tetapi kamu juga harus aktif mengikuti program magang mandiri yang tentunya dibuka oleh perusahaan nasional maupun internasional. Di tempat magang kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman yang berkaitan dengan dunia kerja. Tentunya ini akan menjadi nilai lebih dari tim rekrutmen ketika kamu memiliki banyak pengalaman magang.
.
5. Buat Portofolio Sebanyak Mungkin
Portofolio menjadi sangat penting terutama dalam hal mencari pekerjaan. Karena seringkali perusahaan atau tim rekrutmen menilai pencari kerja melalui portofolio. Namun, tidak jarang mahasiswa atau bahkan fresh graduate tidak memiliki inisiatif akan pentingnya membuat portofolio bagi masa depan, padahal mereka aktif dalam membuat karya. Oleh karena itu, biasakanlah dari sekarang untuk membuat portofolio sebanyak mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tujuh Sekolah Kedinasan Di Indonesia Ini Bisa Jadi Pilihan

Sekolah kedinasan tentunya berada di bawah naungan lembaga-lembaga negara. Tidak hanya kementerian, lembaga non-kementerian juga menaungi sekolah kedinasan. Seleksi kedinasan berbeda dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Lantas apa saja sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih ? 1. STISSekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) ialah sekolah kedinasan di bawah Badan Pusat […]

Subscribe US Now