Selain Dokter, Ini Dia Jurusan Kuliah Di Bidang Kesehatan

masukkampus


Tidak sedikit orang yang menganggap jika hanya ada jurusan kedokteran, keperawatan, dan kebidanan sebagai pilihan dalam jurusan kuliah di bidang kesehatan. Padahal, sebenarnya ada banyak jurusan lain di bidang kesehatan yang memiliki prospek kerja cukup menjanjikan, lho! Apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini!
.
1. Farmasi
Jurusan ini berhubungan erat dengan obat-obatan, termasuk cara mencampur, meracik, mengidentifikasi, dan mengenali struktur senyawa obat hingga layak dikonsumsi. Prospek kerja yang ditawarkan untuk lulusan ini meliputi peneliti atau ahli bioteknologi, dokter pengobatan preventif, apoteker, dosen, dan aesthetician (ahli kecantikan).
.
2. Radiologi
Jurusan ini pada dasarnya lebih dikenal dengan nama Radiodiagnosis dan Radioterapi. Ilmu yang dipelajari adalah pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan sinar X. Ketika sudah lulus, kamu bisa menjadi terapis radiasi, konselor genetis, dan ahli teknologi pengobatan nuklir.
.
3. Fisioterapi
Merupakan cabang dari jurusan Ilmu Kedokteran yang lebih spesifik dalam mempelajari tentang fungsi gerak tubuh manusia. Selain itu, jurusan ini juga mendalami anatomi dan teknik recovery pasca trauma atau cedera.
.
4. Ilmu Gizi
Jurusan ini mendalami ilmu tentang hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kesehatan tubuh yang dihasilkan oleh kandungan gizi. Spesifiknya, jurusan ini mempelajari ikatan antara gizi dengan kesehatan dan pertumbuhan manusia.
.
5. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Merupakan jurusan yang mempelajari kondisi kesehatan masyarakat berdasarkan data, informasi kesehatan, dan indikator di bidang administrasi kesehatan. Prospek kerjanya antara lain ahli epidemiologi, manajer layanan medis dan kesehatan, serta koordinator riset klinis.
.
6. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Jurusan yang satu ini mempelajari tentang bahaya dan risiko yang terdapat dalam sebuah tempat kerja atau proyek. Selain itu, dalam pembelajarannya, kamu juga akan mencari tahu bagaimana cara menangani dan mencegah bahaya tersebut terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UGM Berencana Gelar Kuliah Tatap Muka Tahun Depan, Dengan Sistem Shifting

Universitas Gadjah Mada (UGM) berencana menggelar kuliah tatap muka mulai tahun depan. Nantinya, perkuliahan tersebut akan menerapkan sistem shift atau pembatasan jumlah mahasiswa untuk setiap mata kuliah..Menurutnya, selama satu semester ini UGM telah menerapkan sistem kuliah daring untuk mencegah penyebaran COVID-19. Namun, setelah ujian tengah semester (UTS), UGM akan melihat […]

Subscribe US Now