Lulusan SMK Bisa Dapat Gelar D2 Dengan Sekolah Lima Tahun

masukkampus

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan sinkronisasi pendidikan SMK dengan jenjang diploma 2 (D2).
.
Program ini memungkinkan siswa SMK bersekolah bahkan selama 5 tahun sehingga bisa mendapatkan gelar D2 setelah lulus.
.
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, gagasan tersebut mempertimbangkan pola pendidikan vokasi di Jepang SMK lima tahun.
.
Bahkan, kata dia, ketika menempuh pendidikan di jenjang vokasi, siswa dapat menempuh pendidikan hingga jenjang S2 terapan di luar negeri.
.
Meski begitu, program ini bukan berati memperpanjang masa studi di semua SMK hingga lima tahun.
.
Wikan mengatakan, siswa dapat menentukan pilihan, apakah sampai ke D4 atau bisa sampai ke S2 terapan di Jerman atau di Taiwan dan sebagainya.
.
Wikan meminta para orang tua untuk memberikan kebebasan kepada anaknya dalam menentukan sekolah, termasuk jika anaknya memutuskan melanjutkan pendidikan ke SMK.
.
Menurutnya, banyak kompetensi yang hadir saat ini seiring dengan pekerjaan baru dan SMK dapat memberikan wadah pembelajaran bagi kompetensi baru tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Panitia Ospek UNESA Datangi Rumah MABA Yang Dibentak Dan Minta Maaf

Setelah ospek yang dilakukan mahasiswa senior Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terhadap mahasiswa baru viral di media sosial, pihak kampus melanjutkan penyelesaiannya persoalan tersebut..Sesuai dengan komitmen untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, pihak kampus bersama panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) bersilaturahmi ke rumah mahasiswa baru, yang menjadi sasaran ospek dalam video […]

Subscribe US Now