Prodi Kedokteran Penerbangan UI Masih Jadi Satu Satunya Di Asia

masukkampus


Didirikan sejak 2010, Program Studi ( Prodi) Kedokteran Penerbangan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) kini telah berhasil mencetak 64 dokter spesialis kedokteran penerbangan. Prodi ini sangat langka, dan hanya ada 5 program studi serupa di dunia dan masih menjadi yang pertama dan satu-satunya di Asia.
.
Ketua Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI Budi Sampurna mengatakan Kedokteran Penerbangan kerap dikenal sebagai aerospace atau aviation medicine.
.
Para alumni tersebar di beragam lembaga seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Pertahanan, TNI AU, beberapa rumah sakit, perusahaan evakuasi medik, maskapai penerbangan, serta institusi lainnya sesuai dengan kebutuhan yang berkembang.
.
Dua tugas utama dokter spesialis kedokteran penerbangan adalah Pertama, membina kesehatan fisik dan mental awak angkutan udara, baik itu tingkat perorangan, maupun tingkat komunitas penerbangan seperti di maskapai penerbangan, kedinasan TNI, dan Kementerian Perhubungan.
.
Kedua, menguji kesehatan awak angkutan udara untuk dinyatakan fit dan layak memperoleh lisensi.
.
Saat ini, FKUI memiliki 31 Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI menjadi salah satu PPDS yang berhasil mencetak para lulusan yang telah berkiprah di lintas lembaga yang mengurusi penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Lihat Biaya Kuliah Di Universitas Indonesia Tahun 2020

Uang gedung atau disebut juga dengan uang pangkal hanya dibebankan kepada mahasiswa dari program S1 paralel dan sekolah vokasi saja. Sedangkan untuk program S1 reguler, maka biaya kuliah UI ini akan ditanggung oleh pemerintah yang dibebankan pada anggaran BOPTN..Mahasiswa S1 program paralel dan vokasi diwajibkan untuk membayar uang pangkal yang […]

Subscribe US Now