Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Pahami Dulu Lima Tips Ini

masukkampus 1

Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan. Sebab, jurusan itu harus sesuai dengan minat dan bakatmu. Tak hanya itu saja, ketika lulus kuliah kamu juga harus memikirkan mau bekerja apa.
.
Jadi, saat ini kamu jangan hanya ikut-ikutan teman saja untuk kuliah di kampus atau jurusan tertentu. Tetapi, pilihan semua ada padamu.
.
1. Kenali hasratmu
Untuk modal utama ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan lain.

Misalnya kamu memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi.
.
2. Pahami potensi diri
Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri yang ada di dalam dirimu.

Contohnya kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Misalnya saja Statistika atau Pendidikan Dokter.
.
3. Disesuaikan biaya kuliah
Setiap kampu dan setiap jurusan pasti memilki biaya kuliah yang berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

Tapi kalau kamu ingin kuliah di jurusan apa pun, kamu harus mempertimbangkan keuangan dari orangtua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orangtua tidak mampu membiayainya.
.
4. Lakukan riset
Tips yang lain ialah kamu bisa melakukan riset terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah persemester, hingga profil dari jurusan.

Sebelumnya, kamu juga bisa membuat daftar beberapa jurusan kuliah yang kemungkinan besar kamu memiliki minat dan kemampuan di sana.
.
5. Peluang kerja
Jika kamu sudah menentukan salah satu jurusan, artinya kamu sudah punya gambaran pekerjaan apa nantinya jika lulus dari jurusan itu.

Semua jurusan kuliah memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Misal jurusan Manajemen Pariwisata, nanti kamu akan bekerja di sektor pariwisata dan perencanaannya.

One thought on “Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Pahami Dulu Lima Tips Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mulai Hari Ini DIY Izinkan Kuliah Tatap Muka Secara Bertahap

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memperbolehkan perguruan tinggi mulai menggelar kuliah atau pembelajaran tatap muka secara bertahap. Hal tersebut disampaikan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji..Baskara Aji menyebut, hingga saat ini, baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang akan mulai membuka pembelajaran tatap muka secara bertahap..Kuliah tatap muka bertahap […]

Subscribe US Now