Analisis Penyebab Pelajar Pulau Jawa Dominasi Nilai Tertinggi UTBK

masukkampus

Pelajar asal Pulau Jawa tercatat mendominasi sebagai peraih nilai rata-rata tertinggi dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Pengamat Pendidikan dari Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan, Andreas Tambah menyebut, salah satu penyebabnya yakni akibat budaya belajar yang cukup baik.
.
Ia mencontohkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menurut Andreas, budaya belajar di DIY cukup tinggi. Tak heran, pelajar asal Kota Gudeg itu bisa mencatatkan nilai rata-rata tertinggi dalam UTBK tahun ini.
.
Lanjutnya, budaya belajarnya cukup tinggi, antusiasnya tinggi dan motivasinya sangat luar biasa. Kota Yogyakarta juga disebut sebagai kota pelajar, sehingga dunia pendidikan di sana yang utama.
.
Andreas menyebut terbentuknya budaya belajar ini juga disebabkan pemerintah daerah yang concern terhadap dunia pendidikan. Buktinya, pemerintah daerah setempat membuat aturan jam belajar.
.
Menurutnya, dengan membangun budaya belajar, pemerataan pendidikan Indonesia bisa terwujud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama pemerintah daerah dan dinas pendidikan diminta bersinergi.
.
Contoh lainnya daerah Solo ada aturan jam belajar yang membuat adalah Pemda dan masyarakatnya mendukung. Sosialisasi tentang pendidikan mesti digaungkan di seluruh pelosok.
.
Perhatian yang tinggi dari pemerintah terhadap pendidikan menjadi salah satu faktor kunci membangun budaya belajar. Bila tidak, jangan harap kualitas pendidikan bisa sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe US Now