Rektor UNY: Banyak Mahasiswa Yang Tipu Orangtua Soal UKT

masukkampus

Viral di media sosial, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa yang mengingatkan mahasiswa agar tidak membohongi orangtuanya.
.
Hal ini ia sampaikan di akun Twitternya @sutrisna_wibawa. Di akun Twitternya, Sutrisna Wibawa menulis dengan judul “Tolong Hargai Pengorbanan Orang Tua Kalian, Jangan Tipu Mereka !
.
Sutrisna Wibawa kemudian menceritakan pengalamannya, berikut isinya.
.
“Beberapa hari yang lalu, ada beberapa orangtua mahasiswa datang ke kampus, memohon keringanan UKT untuk anaknya karena katanya dulu sudah mengajukan tapi tidak disetujui oleh universitas.

Setelah kami cek, ternyata mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan pemotongan, bahkan ada yang sampai dibebaskan UKT-nya, namun tidak jujur kepada orangtuanya. Sehingga orangtua tetap memberikan uang UKT full tapi uang tersebut entah dipake apa oleh sang anak.

Kasus-kasus demikian bukan sedikit, tapi banyak sekali. Bahkan sampai ada yang masih meminta uang untuk kuliah praktek dll padahal saat pandemi kampus mengurangi kegiatan langsung dan menghilangkn beberapa praktek perkuliahan dan mengganti dg hal lain.

Kadang jika teringat kelakuan-kelakuan mahasiswa seperti itu saya sangat sedih, kenapa mereka sampai tega menipu orang tuanya sendiri? Padahal mereka bersusah payah demi anaknya agar bisa memberikan yang terbaik, tapi si anak tidak bisa menjaga amanah tersebut.

Teringat pula dulu, saat menjadi Sesditjen Belmawa Kemristek Dikti. Saya pernah memenuhi undangan wisuda sebuah universitas. Saat acara akan dimulai, ada sepasang orangtua yang kebingungan di luar gedung.

Ketika dikonfirmasi katanya mereka mencari anaknya yg akan diwisuda hari tersebut. Beberapa hari sebelumnya si anak menelpon ktnya hari itu akan diwisuda, sehingga mereka sengaja datang dari kampung sampai menjual kambing untuk menyewa mobil demi menghadiri wisuda sang anak.

Namun saat dicek pihak universitas ternyata anak bersangkutan sudah DO 2 tahun sebelumnya, tapi kepada kedua ortunya mengaku masih kuliah, setiap semester masih minta uang untuk SPP dan perbulannya meminta uang bekal. Astagfirullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MENPAN-RB: Seleksi CPNS Dibuka Kembali 2021 Dengan Formasi Terbatas

Pemerintah tidak akan membuka tes seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) pada 2020. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, seleksi CPNS akan dibuka kembali pada 2021 dengan formasi terbatas..Tjahjo menuturkan, seleksi CPNS pada 2021 bersifat terbatas dan menyesuaikan dengan kebutuhan pemerintah. Terlebih, […]

Subscribe US Now