Menteri Kesehatan Ingin Ubah Politeknik Kesehatan Jadi Institut Teknologi Kesehatan

masukkampus


Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendukung perubahan politeknik kesehatan (poltekkes) menjadi institut teknologi kesehatan dengan tujuan memenuhi rasio standar jumlah tenaga kesehatan dan dokter di Indonesia.
.
Saat menerima audiensi dengan Direktur Poltekkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus Markus Zeth beserta jajaran dan Anggota Komisi IX DPR RI Mesak Mirin, Terawan mendukung dan menyambut positif rencana perubahan tersebut.
.
Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir menjelaskan ketersediaan tenaga kesehatan dan dokter masih kurang dibandingkan dengan standar yang ditetapkan oleh Bappenas.
.
Ia mengatakan, jumlah dokter di Indonesia juga masih kurang dari jumlah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jumlah dokter di Indonesia masih berada di level 0,52 persen sementara standar WHO 1,25 persen.
.
Ia juga menekankan perihal jumlah dokter di Indonesia bagian timur yang masih minim. Abdul berharap perubahan poltekkes menjadi institut di bawah Kemenkes dapat memicu anak daerah untuk bersekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi.
.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik per Februari 2020, jumlah dokter di Indonesia sebanyak 81.011 orang. Paling banyak berada di DKI Jakarta yakni 11.365 dokter.
.
Daerah dengan jumlah dokter terbanyak yakni Jawa Timur 10.802, Jawa Tengah 9.747 dan Jawa Barat 8.771. Persebaran dokter di luar Pulau Jawa paling banyak berada di Sumatera Utara, yakni 4.421 dan Bali 2.651 dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Subsidi Pulsa Untuk Guru Dan Pelajar, Kemendikbud Siap RP 8,9T

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kuota internet gratis atau subsidi pulsa bagi guru dan siswa serta mahasiswa dan dosen untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ)..Kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Sutanto mengatakan Dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam membantu proses PJJ, rencananya […]

Subscribe US Now