Usulan Pendidikan Militer Untuk Mahasiswa Satu Semester Dibilang Ngawur

masukkampus


Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matriaji menilai wacana pemberian pendidikan militer satu semester untuk mahasiswa tidak memiliki relevansi. Menurutnya sebaiknya pendidikan militer cukup diberikan di akademi militer, dan bukan di perguruan tinggi umum. Menurutnya itu rencana ngawur dan tidak berdasar.
.
Ubaid menilai yang wajib diajarkan di perguruan tinggi umum adalah pengembangan nalar kritis. Menurutnya pendidikan militer di perguruan tinggi umum belum dibutuhkan karena tidak memiliki relevansi.
.
Kalau di kampus-kampus umum ya yang perlu dikembangkan adalah penguatan nalar kritis dan proses-proses perdebatan yang dialogis. Dirinya meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak menindaklanjuti usulan yang dilontarkan Wamenhan Wahyu Trenggono tersebut.
.
Seperti diketahui, Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Trenggono mengatakan rencananya mahasiswa bisa ikut pendidikan militer selama satu semester. Kemenhan dan Kemendikbud sedang menjajaki agar para mahaswa bisa ikut Program Bela Negara.
.
Nantinya, kata Trenggono, hasil dari pendidikan tersebut akan dimasukan ke dalam Satuan Kredit Semester. Trenggono mengatakan rencananya program tersebut ditujukan agar Indonesia memiliki generasi milenial yang tidak hanya kreatif dan inovatif melainkan juga cinta bangsa dan negara dalam kehidupannya sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kalakah ITB UGM, IPB University Menjadi Kampus Terbaik Di Indonesia

IPB University menjadi universitas terbaik di Indonesia versi Kemendikbud. IPB berada di peringkat satu dan tentunya mengalahkan ITB dan UGM..Peringkat terbaik universitas itu sendiri berdasarkan pemeringkatan Klasterisasi Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020..Hasil klasterisasi itu, IPB di urutan satu lalu disusul UI di peringkat […]

Subscribe US Now