Biar Cinta Bangsa KEMHAN Usulkan Mahasiswa Ikut Pendidikan Militer

masukkampus


Kementerian Pertahanan Republik Indonesia tengah menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar para mahaswa bisa ikut Program Bela Negara.
.
Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Trenggono mengatakan rencananya mahasiswa bisa ikut pendidikan militer selama satu semester.
.
Nantinya, kata Trenggono, hasil dari pendidikan tersebut akan dimasukan ke dalam Satuan Kredit Semester (SKS).
.
Trenggono mengatakan rencananya program tersebut ditujukan agar Indonesia memiliki generasi milenial yang tidak hanya kreatif dan inovatif melainkan juga cinta bangsa dan negara dalam kehidupannya sehari-hari.
.
Ia mengatakan Kemhan melalui Program Bela Negara akan terus menyadarkan masyarakat terutama para milenial untuk bangga sebagai orang Indonesia.
.
Trenggono berpesan agar milenial Indonesia tidak kalah dengan Korea Selatan yang mampu mengguncang dunia melalui budaya K-Pop yang jika dilihat dari sudut pertahanan, sebagai cara mereka melalui industri kreatifnya mempengaruhi dunia. Menurutnya Indonesia seharusnya bisa seperti itu karena punya seni dan budaya yang banyak.
.
Trenggono mengatakan kecintaan terhadap negara oleh milenial bisa ditunjukkan dengan bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad) sesuai amanat dari Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.
.
Trenggono juga berpesan kepada para milenial untuk terus belajar dan berkompetisi. Ia meminta agar milenial Indonesia tidak kalah dengan milenial di negara lain. Indonesia saat ini, kata Trenggono, adalah negara yang tengah berkompetisi karenanya harus siap menghadapi persiapan dunia.
.
Indonesia, kata dia, akan memasuki era bonus demografi mulai 2025 sampai 2030 yang ditandai dengan dominannya penduduk usia produktif. Generasi milenial, kata Trenggono, akan mengisi bonus demografi tersebut sehingga perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian bangsa di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Usulan Pendidikan Militer Untuk Mahasiswa Satu Semester Dibilang Ngawur

Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matriaji menilai wacana pemberian pendidikan militer satu semester untuk mahasiswa tidak memiliki relevansi. Menurutnya sebaiknya pendidikan militer cukup diberikan di akademi militer, dan bukan di perguruan tinggi umum. Menurutnya itu rencana ngawur dan tidak berdasar..Ubaid menilai yang wajib diajarkan di perguruan tinggi […]

Subscribe US Now