3 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SBMPTN 2020

masukkampus

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) mengumumkan adanya 167.653 peserta yang lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.
.
Para peserta tersebut akan berkuliah di 85 PTN di Indonesia. Peserta yang lulus terdiri atas peserta non-Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 123.099 orang dan peserta pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah sebanyak 44.554 orang.
.
Berikut tiga hal yang perlu dilakukan peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 berdasarkan keterangan resmi LTPMT:

1. Melakukan daftar ulang
Para peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 wajib melakukan registrasi atau daftar ulang. Adapun prosedurnya bergantung pada masing-masing PTN.
.
Ketentuan ini dapat dilihat pada pengumuman di laman resmi PTN tujuan. Registrasi ini menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2020 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.
.
2. Memenuhi syarat atau ketentuan di PTN tujuan
Langkah selanjutnya, para peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN tujuan.
.
Pemenuhan ketentuan ini menjadi syarat bagi peserta agar benar-benar dinyatakan diterima di PTN tersebut. Jadi, kalau misal tidak memenuhi syarat, maka bisa tidak lolos registrasi.
.
3. Proses verifikasi untuk pendaftar Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi
Sementara itu, bagi pendaftar Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, calon pemegang KIP Kuliah yang dinyatakan lulus SBMTPN 2020, ada tahapan lain yang harus diikuti.
.
Tahapan itu yakni terkait dengan status perolehan KIP Kuliah. LTMPT menyatakan, status KIP Kuliah masih memerlukan proses verifikasi oleh PTN tujuan sebelum diberikan kepada peserta.
.
Bagi para peserta yang tidak lulus SBMPTN 2020, LTMPT mengingatkan bahwa masih ada kesempatan untuk mendaftar kuliah melalui seleksi jalur mandiri. Persyaratan dan waktu pendaftaran jalur mandiri dapat dilihat langsung di laman masing-masing PTN.
.
Sementara itu, sertifikat hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) juga dapat diunduh pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Sertifikat itu dapat digunakan peserta yang tidak lolos untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tak Lolos SBMPTN 2020, Bagaimana Mengelola Rasa Kecewa?

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020 sudah diumumkan. Total peserta yang mendaftar SBMPTN 2020 sebanyak 702.420. Sementara, peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 167.653..Bagi mereka yang tidak lolos, mungkin terselip rasa kecewa. Tetapi, tak lolos SBMPTN bukan akhir segalanya. Bagaimana sebaiknya mengelola rasa kecewa yang muncul?.Dosen Fakultas […]

Subscribe US Now