Ketua LTMPT: Pelajar Diminta Tak Kecewa Jika Tidak Lolos SBMPTN

masukkampus

Ketua Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih meminta, para pelajar agar tidak kecewa jika tidak lolos SBMPTN. Dia di mengatakan, tidak lolosnya peserta juga mengingat daya tampung perguruan tinggi yang terbatas.
.
Moh Nasih mengatakan jangan pakai perasaan soal diterima atau tidak karena kalau pakai perasaan semua tentu merasa bisa mengerjakan soal. Kalau seperti itu kemudian nanti justru akan menyiksa diri sendiri.
.
Lanjutnya, berdasarkan catatan panitia, selisih deviasi nilai para peserta ujian tahun ini terbilang cukup tipis yang hanya berada pada angka desimal. Dia melanjutkan, bahkan tidak jarang ada nilai yang sama di antara para peserta.
.
Dia mengatakan, minimnya deviasi nilai itu mengindikasikan bahwa kualitas dari lulusan SLTA dan tes yang telah dijalankan berlangsung valid dan reliabel. Hanya saja, sambung dia, tentu ada beberapa peserta yang kurang beruntung dan tidak lolos seleksi.
.
Lalu, peserta yang tidak lulus bukan sesungguhnya tidak pintar mengingat tipisnya selisih nilai di antara mereka. Dia menekankan bahwa peserta yang tidak lolos seleksi dikarenakan daya tampung perguruan tinggi yang terbatas.
.
Kendati, dia meminta, setiap peserta juga bisa memahami hasil ujian tersebut. Dia mengatakan, setiap peserta harus berlapang dada dan menerima kenyataan kalau ada orang lain yang memang memiliki kemampuan lebih berdasarkan nilai.
.
Peserta yang tidak lolos tetap bisa melanjutkan studi baik di jalur seleksi lain maupun kampus swasta. Dia menegaskan bahwa perguruan tinggi tidak menentukan suksesnya para peserta didik. Karena semua kembali bergantung pada setiap calon mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

510 Peserta SBMPTN Didiskualifikasi, Sebagian Karena Membawa HP

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengatakan ada 510 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang didiskualifikasi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Dari jumlah itu, 218 peserta diantaranya didiskualifikasi karena melanggar aturan saat ujian..Sementara 292 peserta lainnya didiskualifikasi karena foto yang diunggah pada […]

Subscribe US Now