UI, ITB & UB Jadi 3 Kampus Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics 2020

masukkampus


Sistem ranking universitas sedunia berbasis website, Webometrics, kembali merilis daftar kampus terbaik di dunia termasuk Indonesia.
.
Dari ribuan perguruan tinggi yang masuk ke dalam daftar, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Brawijaya (Unibraw) jadi tiga terbaik di Indonesia.
.
UI menduduki peringkat pertama di Indonesia, ke-9 di Asia Tenggara, dan ke-693 di dunia.
Sedangkan, ITB berada di peringkat ke-2 di Indonesia, ke-14 di Asia Tenggara, dan ke-891 di dunia. Unibraw sendiri berada di peringkat ke-3 di Indonesia, ke-21 di Asia Tenggara, dan ke-1169 di dunia.
.
Lebih lengkapnya, berikut 10 kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics 2020:
1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Brawijaya
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5. Universitas Telkom
6. Universitas Gadjah Mada
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Sumatera Utara
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Sebelas Maret Surakarta
.
Sistem pemeringkatan kampus oleh Webometrics. Pencapaian peringkat ini didasarkan atas penilaian Webometrics yang terdiri atas empat indikator, yaitu:
1. Presence (bobot 5 persen) merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi.
2. Visibility (bobot 50 persen) merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google).
3. Transparency/Openness (bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar.
4. Excellence or Scholar (bobot 35 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah, yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.
.
Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional, hingga hubungan dengan masyarakat. Pemeringkatan ini menilai sekitar 30.000 kampus di seluruh dunia. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Begini Cara Kemendikbud Agar KIP Kuliah Tepat Sasaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Teman KIP (Kartu Indonesia Pintar) untuk mengawal bantuan pendidikan tepat sasaran. Hal ini dilakukan, mengingat bantuan pendidikan yang disalurkan lewat KIP Kuliah tidak kecil, yakni mencapai Rp4,1 triliun..Staf Khusus Presiden RI, Aminuddin Ma’ruf mengatakan teman KIP ini kerja sosial kerelawanan memastikan KIP Kuliah […]

Subscribe US Now