Menggali Sisi Positif Kuliah Daring, Yuk Intip Di Sini

masukkampus

Di tengah berbagai persoalan pembelajaran secara daring saat ini, apakah ada sisi positif yang dapat kita ambil dan dirasakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses kuliah daring?
.
Sisi positif di sini adalah bahan ajar jadi mudah diakses oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dengan waktu yang tidak dibatasi. Konsep berbagi bahan ajar ini menjadi salah satu hal yang menarik dan memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran.
.
Tentu saja diperlukan sistem penjaminan mutu yang baik agar bahan ajar yang diunggah ke media sosial memenuhi kualitas sebagai bahan ajar yang bermutu. Kemampuan akses mahasiswa dalam bentuk paket data internet juga diperlukan untuk mengakses bahan ajar tersebut.
.
Sisi positif yang lain adalah kemudahan dalam memahami materi ajar. Mengapa demikian? Teknologi digital memungkinkan mahasiswa dapat menyaksikan perkuliahan dari dosen layaknya pembelajaran secara privat.
.
Layar presentasi yang berukuran besar dapat disaksikan dari laptop, komputer atau gadget yang langsung di depan mata. Dalam kondisi kelas besar dengan jumlah mahasiswa yang banyak, mahasiswa yang duduk di bagian belakang biasanya harus berupaya keras untuk mencari celah di antara puluhan kepala-kepala mahasiswa lain hanya untuk menyaksikan layar presentasi dengan jelas. Apalagi bila layar kecil, LCD projector sudah mulai redup dan kelas mendatar, bukan kelas dalam bentuk theatre.
.
Dengan begitu, makna dari penjelasan dosen lebih mudah dipahami dibandingkan hanya mendengarkan suara dosen saja karena dosen jauh berada di depan kelas.
.
Hal ini tentu berdampak positif bagi proses pembelajaran karena mahasiswa merasakan dijelaskan secara personal oleh dosen dan akhirnya memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk memahami materi ajar serta berdampak pada performa yang lebih baik ketika mengerjakan ujian.
.
Bagi dosen dan mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran dari rumah tentu juga berdampak positif dari sisi waktu, terutama mengurangi waktu yang diperlukan untuk berangkat menuju kampus dan kembali ke rumah masing-masing.
.
Stres yang diakibatkan oleh perjalanan berkurang secara signifikan yang berdampak pada kesehatan yang lebih terjaga. Waktu istirahat juga cukup memadai bagi dosen dan mahasiswa karena tidak membutuhkan perjalanan dari rumah ke kampus dan sebaliknya.
.
Hal-hal positif yang diperoleh selama pandemi Covid-19 dapat terus dikembangkan untuk menjadi salah satu model pembelajaran yang baik dan menghasilkan luaran pembelajaran yang berkualitas.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Simak 4 Jalur Prestasi UNESA Yang Harus Kamu Ketahui

1. Jalur Prestasi KeagamaanPeserta jalur prestasi keagamaan bebas memilih satu prodi yang diminati. Jalur ini merupakan salah satu komitmen Unesa dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berakhlak mulia sesuai dengan visi, misi, dan motto Unesa Growing with Character..Jalur prestasi keagamaan ini terdiri atas:a. Prestasi Keagamaan IslamJalur prestasi keagamaan […]

Subscribe US Now