600 Peserta UTBK Di ITS Dinyatakan Gugur SBMPTN, Ini Alasannya

masukkampus

Sebanyak 600 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dinyatakan gugur dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal ini karena berbagai alasan hingga berakhirnya pelaksanaan ujian tahap kedua pada Sabtu, 25 Juli 2020.
.
Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah mengatakan tahap pertama terdapat 564 peserta dengan 119 di antaranya reaktif, sedang untuk tahap kedua ini terdapat 600 peserta yang tidak mengikuti ujian dikarenakan adanya beberapa faktor antara lain karena reaktif hasil rapid test-nya dan alasan yang tidak diketahui.
.
Bagi peserta yang dinyatakan reaktif tahap kedua tersebut secara otomatis dinyatakan gugur untuk mengikuti UTBK dan tidak lolos SBMPTN. Dosen Teknik Kimia ITS ini mengemukakan jumlah total peserta UTBK yang mengikuti ujian di ITS sebanyak 13.980 peserta.
.
Sementara itu, mengenai evaluasi pelaksanaan UTBK, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Adi Soeprijanto menuturkan, dari sisi peserta bisa dikatakan kehadiran peserta mengikuti UTBK di ITS sebesar 90 persen.
.
Hal tersebut disebabkan karena masih adanya faktor-faktor di luar kendali panitia seperti peserta reaktif COVID-19. Namun, Adi mengatakan peserta reaktif ini berhasil ditangani dengan baik oleh ITS.
.
Lebih lanjut, peserta-peserta reaktif pada tahap pertama dan kedua oleh ITS selalu dilaporkan ke panitia pusat untuk dilakukan pendataan untuk diberikan relokasi pemindahan jadwal ujian, sembari peserta melakukan karantina mandiri selama 14 hari bagi peserta tahap pertama.
.
Selain itu, Adi memaparkan, pelaksanaan UTBK di ITS sudah menerapkan dan memegang teguh protokol kesehatan. Dari peserta, panitia, maupun pengantar sudah mematuhi dan menaati protokol yang telah dibuat ITS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SMUP UNPAD Dilakukan Secara Daring, Cek Yuk Informasinya

Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Seleksi Masuk Program Sarjana Jalur Mandiri. Calon peserta dapat menggunakan nilai UTBK-SBMPTN Tahun 2020. Bagi yang tidak memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2020 dapat mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) secara daring yang dapat diikuti dari rumah masing-masing..Pelaksanaan ujian secara daring ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted […]

Subscribe US Now