Dana Pengembangan Calon Mahasiswa Kedokteran UNPAD Mencapai 250 Juta

masukkampus


Polemik tingginya biaya untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur mandiri masih menjadi tanda tanya. Banyak pihak menilai bahwa saat ini untuk masuk ke PTN wajib memiliki uang banyak.
.
Hal ini tidak bisa disanggah seutuhnya. Sebab, untuk masuk ke PTN khususnya lewat jalur mandiri memang membutuhkan uang banyak. Di Universitas Padjadjaran (Unpad) saja misalnya, terdapat dana pengembangan yang harus dibayar calon mahasiswa ketika dinyatakan lulus seleksi.
.
Dikuti dari laman smup.unpad.ac.id terdapat nominal berbeda dalam dana pengembangan tergantung fakultas yang kita pilih.
.
Jika kalian ingin jadi dokter dan hanya mampu lulus ketika mengikuti seleksi mandiri, maka dana pembangunan yang harus disiapkan orang tua yakni Rp250 juta. Sedangkan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) per semester mencapai Rp15 juta.
.
Berbeda dengan mahasiswa yang lolos lewat seleksi mandiri, mereka yang mampu masuk ke Unpad lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN bisa mendapat biaya lebih murah. Tidak ada uang dana pengembangan dan pembayaran iuran per semester pun lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Seleksi Mandiri UB Menggunakan Nilai UTBK Dan Rapot Ini Info Lengkapnya

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil diskusi dengan tim pakar UB dalam menilai perkembangan situasi pandemi COVID-19, maka mekanisme Seleksi Mandiri UB Tahun 2020 diputuskan berubah menjadi seleksi berdasarkan penilaian hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 serta prestasi […]

Subscribe US Now