ITB Buka Suara Beri Penjelasan Syarat Harus Miliki Saldo Sebesar 100Jt

masukkampus

Saat dikonfirmasi, Direktur Pendidikan ITB Dr.Techn Ir Arief Hariyanto melalui Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB Naomi Haswanto mengatakan, surat keterangan dari bank tersebut dipergunakan sebagai jaminan bahwa mahasiswa dapat melanjutkan kuliah sebagai komitmen kemampuan finansial orangtua, dapat membiayai anaknya hingga selesai studi.
.
Ia mengungkapkan sebetulnya, ibarat kita akan berangkat ke luar negeri, saat buat visa, kedutaan akan bertanya kemampuan kita dalam perjalanan agar tidak terlantar di negeri orang, kita diminta menunjukkan surat keterangan dari bank.
.
Seleksi Mandiri (SM) adalah program seleksi penerimaan mahasiswa baru non subsidi.
.
Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui seleksi mandiri adalah 30 persen dari total mahasiswa baru S1 ITB. 70 persen mahasiswa baru S1 ITB akan diterima melalui program penerimaan SNMPTN dan SBMPTN.
.
Program seleksi mandiri merupakan Program Pendidikan Non Subsidi yang bertujuan untuk memberikan subsidi silang kepada mahasiswa lain yang tidak mampu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) penuh.
.
Pada saat ini, lanjutnya, secara rata-rata mahasiswa ITB program SNMPTN dan SBMPTN yang mampu membayar UKT penuh adalah sebanyak 54-57 persen.
.
Program Seleksi Mandiri diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk memberikan subsidi silang kepada mahasiswa-mahasiswa ITB yang tidak mampu membayar UKT secara penuh, yaitu Rp. 12.500.000.
.
Karena Program Seleksi Mandiri ini adalah program non subsidi, maka ITB membutuhkan jaminan komitmen dari orang tua/wali/sponsor dari mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri, bahwa mereka akan mampu membayar UKT Seleksi Mandiri sebesar Rp. 25.000.000 per semester.
.
Kebijakan non subsidi ini perlu ditegaskan agar kelangsungan program subsidi silang ini dapat berlangsung sesuai rencana.
.
Secara umum, kata Naomi, komitmen kemampuan finansilal tersebut dapat ditunjukan salah satunya melalui surat keterangan dari bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jadi MENDIKBUD, Nadiem Mengakui Frustasi Urus Pendidikan Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim mengaku selama kurang lebih satu tahun beralih profesi dari CEO perusahaan swasta ke jabatan pemerintahan membuat dirinya frustasi..Nadiem mengatakan, kultur kerja di pemerintahan dan perusahaan swasta sangatlah berbeda. Sebab, ketika menjadi menteri, ia dihadapkan birokrasi dan administrasi yang rumit, termasuk publik yang […]

Subscribe US Now