ITS Beri Keringanan UKT Mahasiswanya Simak Syarat Untuk Mendapatkannya

masukkampus


Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) bagi mahasiswanya. Keringanan pembayaran UKT diberikan kepada mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember semester gasal tahun akademik 2020/2021.
.
Wakil Rektor II ITS, Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD mengatakan, pemberian keringanan ini agar meringankan beban mahasiswa pada semester Gasal 2020/2021. Keringanan pembayaran UKT bagi mahasiswa ini adalah:
.
Pertama, subsidi dari ITS berupa beasiswa bebas UKT untuk kelompok mahasiswa yang hanya menyelesaikan Tugas Akhir/Tesis/Disertasi. Bentuk ini ditujukan kepada para mahasiswa yang seharusnya bisa lulus dan wisuda di periode bulan September 2020 mendatang.
.
Kedua adalah subsidi dari ITS berupa beasiswa bebas UKT untuk kelompok mahasiswa dengan UKT Kategori 1 yakni Rp 500.000 per semester dan tidak sedang menerima beasiswa. Menurut Mas Agus, hal ini dilakukan karena mahasiswa yang masuk kategori ini dari awal kuliah orangtuanya tergolong berpenghasilan rendah. Sehingga untuk meringankannya, maka UKT akan secara langsung dibebaskan tanpa pengajuan.
.
Penyesuaian besaran UKT yang harus dibayar akan mengalami perubahan kategori menjadi kategori di bawahnya satu level atau lebih.
.
Sedang maksud dari subsidi untuk angsuran pembayaran adalah adanya penundaan pembayaran. Besaran UKT tetap sama, namun bisa dibayar mundur atau diangsur sampai dengan satu semester. Mas Agus mengatakan, meskipun orang tua mahasiswa untuk kelompok lainnya secara ekonomi mampu, namun karena adanya pandemi menyebabkan adanya penurunan penghasilan.
.
Sebagai informasi, pemberian keringanan pembayaran UKT dapat dilakukan melalui permohonan yang diajukan kepada Wakil Rektor II dengan dilengkapi surat pernyataan penurunan kemampuan ekonomi akibat terdampak pandemi Covid-19. Pemohon wajib menyertakan slip gaji dari perusahaan/institusi sebelum dan sesudah masa pandemi yang ditandatangani oleh bendahara perusahaan institusi.
.
Lalu, surat keterangan penghasilan sebelum dan sesudah masa pandemi yang ditandatangani oleh Ketua RT/RW, surat PHK hingga bukti lain yang sah. Ia berharap, dengan keputusan ini, ITS dapat memberikan jaminan tidak adanya mahasiswa yang kesulitan melanjutkan kuliahnya karena kesulitan membayar UKT akibat terdampak pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Malang Menggunakan Nilai UTBK Atau TMBK

Seleksi calon mahasiswa baru jalur Tes Mandiri Berbasis Komputer (TMBK) Universitas Negeri Malang (UNM) tahun ajaran 2020/2021 akan dibuka 13-29 Juli 2020. Seleksi tersebut dilakukan secara online dan dibuka untuk lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang hendak melanjutkan studi Program Sarjana (S-1) dan Program Diploma 3 (D-3) di UNM..Untuk mengikuti seleksi […]

Subscribe US Now