Nilai UTBK Diharapkan Bukan Syarat Mutlak Dari Ujian Mandiri PTN

masukkampus

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho menyebut, penggunaan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk ujian mandiri diserahkan kepada pimpinan PTN masing-masing. MRPTNI tidak bisa mengintervensi kebijakan setiap perguruan tinggi.
.
Menurutnya bisa ambil nilai UTBK, bisa bikin tes sendiri, atau menggunakan jalur rapor seperti SNMPTN, jadi bisa variatif.
.
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) berharap pimpinan perguruan tinggi tidak menjadikan nilai UTBK sebagai syarat wajib yang mutlak, karena bisa dilakukan secara variatif. Namun, MRPTNI juga tak bisa memberikan imbauan kepada pimpinan perguruan tinggi agar tidak mewajibkan nilai UTBK dalam ujian mandiri.
.
Bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki nilai UTBK, diminta untuk mencari perguruan tinggi lainnya. Khususnya, perguruan tinggi yang tidak memberikan syarat penyertaan nilai UTBK dalam ujian mandiri.
.
Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Nizam mengatakan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bakal menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 sebagai salah satu pertimbangan dalam seleksi jalur mandiri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap nilai UTBK tidak menjadi syarat mutlak untuk mengikuti jalur Ujian Mandiri.
.
Nizam berharap para pimpinan perguruan tinggi bisa fleksibel. Dia tidak ingin ada persyaratan yang menyulitkan mahasiswa.
.
Syarat nilai UTBK dinilai berpotensi menyulitkan mahasiswa. Sebab, akan ada saja peserta ujian Mandiri yang tidak mengikuti UTBK. Salah satunya disebabkan oleh sakit atau karena berstatus positif covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

ITS Beri Keringanan UKT Mahasiswanya Simak Syarat Untuk Mendapatkannya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) bagi mahasiswanya. Keringanan pembayaran UKT diberikan kepada mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember semester gasal tahun akademik 2020/2021..Wakil Rektor II ITS, Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD mengatakan, pemberian keringanan ini agar meringankan beban mahasiswa pada […]

Subscribe US Now