LTMPT Bantah Soal Ujian UTBK SBMPTN 2020 Bocor, “Ngarang Ngarang Aja”

masukkampus


Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo memastikan tidak ada kebocoran soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.
.
Hal itu disampaikan untuk merespons isu yang beredar di grup WhatsApp bimbingan belajar, bahwa soal UTBK hari pertama bocor dan diperjualbelikan. Ia mengatakan setiap tahun terjadi dan Insya Allah tidak ada itu. Jadi artinya ngarang-ngarang saja.
.
Budi mengatakan setiap tahun pihaknya selalu mendapat laporan ada kebocoran soal maupun upaya curang dalam UTBK. Namun ia menekankan LTMPT sudah memperhitungkan berbagai strategi agar tidak ada kecurangan.
.
Pihaknya juga sudah mengerahkan petugas untuk mengidentifikasi soal yang diisukan beredar di grup WhatsApp bimbingan belajar. Hingga kini belum ditemukan indikasi kebocoran soal milik LTMPT.
.
Pihaknya menekankan agar masyarakat tidak khawatir dengan isu kebocoran soal. Ia memastikan tidak ada perbedaan kesempatan bagi peserta UTBK yang dijadwalkan pada tahap satu maupun tahap dua.
.
Budi menegaskan pihaknya sudah memiliki strategi dan perhitungan sebelum menggelar UTBK agar tidak terjadi kekurangan. Namun ia enggan menjelaskan lebih lanjut strategi tersebut.
.
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan protokol keamanan pada pelaksanaan UTBK sudah dilakukan secara profesional. Menurutnya, masyarakat tak perlu khawatir akan potensi keberadaan joki pada pelaksanaan ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KEMDIKBUD Memberi Penjelasan Makna Dari Pembelajaran Jarak Jauh Permanen

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluruskan makna Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan dibuat permanen seperti yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim beberapa waktu lalu..Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Iwan Syahril menegaskan, bahwa yang dimaksud dengan PJJ permanen adalah memperkuat pembelajaran berbasis teknologi meski situasi sudah tidak […]

Subscribe US Now