Ramai Bahas Soal Bahasa Panda, Ini Kata Penyelenggara UTBK 2020

masukkampus


Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 baru memasuki hari pertama, namun netizen sudah ramai membicarakan mengenai soal ‘bahasa panda’.
.
Bermula dari cuitan twitter yang mendapat 5.200 retweet. Tidak jelas betul kenapa dia menyebut soal ini sebagai soal ‘bahasa panda’. Yang jelas, bahasa dalam soal ini sungguh tidak umum.
.
Selain akun tersebut, banyak netizen yang membicarakan soal ‘bahasa panda’. Ada yang membagikan foto kertas soal, percakapan di aplikasi pesan, hingga tangkapan layar situs.
.
Kevalidan foto-foto yang beredar itu belum dapat dipastikan. Saat ditelusuri, salah satu foto kertas soal yang beredar di media sosial sudah ada sejak 2018.
.
Humas LTMPT Anwar Effendi berkomentar mengenai soal-soal viral semacam ini. Dia mengaku tidak bisa mengakses soal UTBK. Soal semacam itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya apakah merupakan soal UTBK atau bukan.
.
Tata tertib UTBK telah melarang peserta untuk membawa kamera. Maka tindakan memotret adalah tindakan terlarang yang dilakukan peserta. Konsekuensinya bisa dianggap kecurangan dan dapat didiskualifikasi.
.
Namun jelas, UTBK saat ini menggunakan komputer. Potret soal yang beredar di Twitter itu adalah potret soal di atas kertas, bukan di layar monitor komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peserta UTBK Kaget Subtes Bertambah Menjadi 5, Berbeda Dengan Imbauan LTMPT

Terkait dengan adanya pandemi Covid-19, tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa TPS. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi..Awalnya LTMPT mengumumkan subtes ada 4 yaitu kemampuan meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan […]

Subscribe US Now