Peserta UTBK Kaget Subtes Bertambah Menjadi 5, Berbeda Dengan Imbauan LTMPT

masukkampus


Terkait dengan adanya pandemi Covid-19, tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa TPS. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
.
Awalnya LTMPT mengumumkan subtes ada 4 yaitu kemampuan meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan membaca dan menulis.
.
Lalu pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris terumana pada subtes Pengetahuan Kuantitatif, yang katanya beberapa soal akan ada yang berbahasa inggris.
.
Tapi nyatanya, pada hari pertama UTBK peserta yang mendapatkan jadwal pada tahap 1 memberi ciutan di twitter yang sedang trending yaitu hastag utbk. Mereka banyak yang mengeluhkan bahwa ternyata tidak sesuai dengan apa yang diumumkan oleh LTMPT.
.
Nyatanya saat ujian subtes UTBK berubah menjadi 5 subtest, yaitu kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan membaca dan menulis, dan bahasa inggris.
.
Berikut jumlah soal dan alokasi waktu pengerjaan per subtes:
1. Penalaran Umum: 16 soal, 23 menit
2. Pengetahuan Kuantitatif: 16 soal, 24 menit
3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 19 soal, 24 menit
4. Kemampuan Membaca dan Menulis: 15 soal, 23 menit
5. Bahasa Inggris: 10 soal, 11 menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pemkab Gresik Gratiskan Tes Cepat Covid-19 Bagi Peserta UTBK

Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menggratiskan biaya tes cepat (rapid test) bagi calon mahasiswa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang disyaratkan sejumlah perguruan tinggi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)..Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim mengatakan, dalam kondisi apapun Pemkab Gresik mempunyai komitmen selalu hadir di tengah masyarakat. […]

Subscribe US Now