Sedot Anggaran Sampai 539 Miliyar IPDN Diusulkan Menjadi Swasta

masukkampus

Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Demokrat Wahyu Sanjaya mengusulkan agar Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) dilepaskan dari sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Dia mengusulkan IPDN dijadikan institusi pendidikan tinggi swasta. Hal itu Wahyu sampaikan karena IPDN menyerap pagu anggaran APBN milik Kemendagri tahun 2020 hingga sekitar Rp539 miliar.
.
Wahyu melihat selama ini pihak IPDN hanya datang dan menggelar rapat ke Komisi II bila ada masalah saja. Ia mengaku belum pernah mendengar berita baik tentang prestasi IPDN di bidang pendidikan.
.
Tak hanya itu, Wahyu menilai para praja lulusan IPDN terkesan eksklusif dan diutamakan untuk bisa diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS).
.
Padahal, kata dia, seleksi CPNS sendiri bersifat umum dan terbuka bagi semua warga negara. Baik sekolah kedinasan, perguruan tinggi negeri mau pun swasta.
.
Wahyu berpandangan kinerja dan pelayanan Kemendagri akan lebih baik ke depannya bila tak menanggung beban anggaran untuk IPDN. Komisi II pun bisa lebih leluasa jika tak lagi mengawasi IPDN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bupati Jember Fasilitasi Rapid Tes Gratis Untuk Peserta UTBK 2020 Di UNEJ

Menjelang penerimaan mahasiswa baru, Pemkab Jember bersinergi dengan Universitas Jember (Unej) dalam merancang protokol kesehatan merancang penerapan protokol pencegahan Covid-19 di sektor pendidikan. Sebab, beberapa waktu mendatang, perguruan tinggi negeri tersebut bakal melaksanakan UTBK SBMPTN..Bupati Jember memaparkan pertama, tak boleh ada orang yang berkumpul di Universitas Jember tanpa hasil rapid […]

Subscribe US Now