Viral Kisah Alumni HI UGM Memilih Hidup Sebagai Petani

masukkampus

Viral twit seorang alumni Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memilih menjadi seorang petani. Dalam twitnya, @tanikelana menceritakan alasannya memilih menjadi seorang petani. Padahal bila melihat latar belakang pendidikannya, ia merupakan seorang sarjana sosial.
.
Salah satunya adalah ia mau cari sumber penghidupan yang terjamin halal dan berkah. Ia ga mau kasih makan keluarga aku kelak dari hasil yang diragukan’. Ia bercerita, meski kuliah di jurusan sosial, selama kuliah aktif di komunitas yang dekat dengan petani. Itulah yang menumbuhkan kecintaannya terhadap dunia pertanian.
.
Menurut Michael Raffy Sujono (22) pemilik akun @tanikelana yang akrab disapa Dipa itu, selama kuliah juga kerap menanam beberapa jenis tanaman di indekos.
.
Saat ini, hasil pertaniannya dijual kepada tukang sayur yang ia datangi setiap pagi. Awalnya, Dipa merasa malu untuk menawarkan hasil panennya kepada tukang sayur. Namun, kini Dipa bertransformasi menjadi pemasok tetap ke beberapa tukang sayur di kampung halamannya.
.
Dipa juga berbagi tips untuk petani pemula atau masyarakat yang ragu untuk memulai. Dia sendiri juga mengaku belum memiliki tanah pribadi.
.
Sejauh ini, ia baru menggarap di tanah milik balai desa. Dalam sebuah utasnya, dia menjelaskan untuk menjadi petani tidak perlu menunggu memiliki lahan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

700an Ribu Pendaftar UTBK SBMPTN 2020 Perhatikan Yang Harus Dibawa Saat Tes

Pendaftar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) telah melampaui 700 ribu orang. Para pendaftar bakal menjalani ujian pada bulan depan..Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jumlah pendaftarn UTBK-SBMPTN 2020. Jumlah peserta telah memilih pusat UTBK: 706.327 orangJumlah peserta selesai proses pendaftaran (cetak kartu): […]

Subscribe US Now