Protokol Kesehatan Saat UTBK Di UNPAD: Suhu 38 Derajat Ditolak Ikut Ujian

masukkampus


Universitas Padjadjaran memangkas jumlah kursi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Tahun ini, jumlah komputer yang disiapkan hanya sekitar 500-an unit untuk 21.400 peserta.
.
Sebelumnya, pada 2019, Unpad mengerahkan 700-an komputer di kampusnya, ditambah 800 unit komputer di kampus lain dan sekolah menengah atas untuk menggelar UTBK. Selain mengurangi kepadatan jumlah kursi peserta, UTBK tahun ini juga dibatasi hanya di kampus Unpad Jatinangor.
.
Komputer itu akan dipakai bergantian oleh peserta. Setiap hari UTBK akan digelar sebanyak empat kali dengan peserta yang berbeda ungkap kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief S.
.
LTMPT membuat beberapa kebaruan UTBK seperti ujian hanya satu dari biasanya dua jenis yaitu Tes Potensi Skolastik. Materinya berupa penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
.
Pendaftaran UTBK pun sekaligus memilih jurusan di perguruan tinggi negeri tertentu. Sebelumnya pada 2019 peserta bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri setelah didapat nilai UTBK.
.
Dengan hanya satu tes, kata Arief, pelaksanaan ujian kurang dari dua jam di setiap sesi. Di sela antar sesi, panitia ujian di Unpad akan membersihkan ruangan dan perangkat yang dipakai untuk mencegah potensi penularan virus corona Covid-19.
.
Sesuai protokol panitia pusat, setiap peserta harus dicek suhu sebelum masuk ruangan, katanya menambahkan. Setiap peserta UTBK pun diwajibkan memakai masker. Adapun peserta bersuhu badan tinggi 38 derajat Celsius bakal ditolak ikut ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nadiem: Guru Penentu Kualitas Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kualitas pembelajaran secara daring karena pandemi virus Corona jenis baru atau Covid-19 ditentukan oleh kualitas guru..Dia menambahkan kualitas pembelajaran daring tersebut juga ditentukan seberapa besar minat guru belajar dan memastikan anak didiknya belajar..Nadiem juga menjelaskan pembelajaran daring di banyak daerah yang […]

Subscribe US Now