Nadiem Makarim Khawatir Siswa Belajar Dirumah Jadi Merasa Kesepian

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyoroti aspek psikologis siswa dalam melakukan kegiatan belajar di rumah. Dia khawatir siswa kesepian di masa pandemi COVID-19. Nadiem mengatakan sangat khawatir dengan proses ini dan juga sangat khawatir dengan loneliness. Bukan hanya dari kognitifnya.
.
Dia menjelaskan sekolah tidak hanya tempat belajar bagi anak-anak, namun tempat bagi anak-anak untuk melakukan sosialisasi. Menurutnya, hal itu merupakan aspek yang tidak dapat dianggap sepele. Jadi itu merupakan suatu hal yang nggak bisa kita minimalisir. Feeling of loneliness atau merasa lonely bagi anak-anak kita dari interaksi fisik yang mereka butuhkan dengan anak-anak lain. itu menurutnya bisa lebih besar risikonya daripada kognitifnya.
.
Lebih lanjut Nadiem mengungkapkan data survei yang dilakukannya di Kemendikbud. Menurutnya, banyak anak yang ingin segera Kembali beraktivitas ke sekolah.
.
Semua survei yang dilakukan selama ini yang paling ingin kembali sekolah itu yang mayoritas itu adalah murid-murid SD, SMP, SMA. Semuanya kangennya luar biasa sama sekolah. Yang biasanya nggak pernah mau bangun buat sekolah sekarang mereka bilang ‘aduh kangen banget sama teman, kangen sama guru, kangen nongkrong di kantin sama temen-temen’ dan lain-lain.
.
Selain itu, Nadiem mengatakan kesuksesan kegiatan belajar dari rumah dapat dinilai melalui tingkatan usia. Menurutnya anak yang lebih dewasa seperti mahasiswa akan lebih mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) jika dibandingkan dengan anak di tingkat Pendidikan anak usia dini (PAUD).
.
Nadiem menuturkan anak-anak yang lebih dewasa dapat lebih meminimalisir risiko negatif dari PJJ. Sementara, anak kecil memerlukan interaksi fisik guna memperoleh pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

H-24 UTBK..! Latihan Soal Yuk Ikuti TO Online UTBK TPS MasukKampus

Halo Gladiators..!24 hari lagi pelaksanan UTBK..! Sudah siapkah kamu menghadapi UTBK tahun ini?Yuk mantapkan persiapanmu dengan ikutan Try Out Online UTBK TPS Part 26 persembahan dari @masukkampus dengan berbagai keunggulan yang ada loh 😉.Yuk disimak keunggulan Try Out TPS @utbk_sbmptn Gratis Part 26 :1. Menggunakan sistem CAT, BUKAN GOOGLE FORM memberikan pengalaman mengerjakan UTBK […]

Subscribe US Now