LTMPT Pastikan Materi UTBK 2020 Lebih Sederhana

masukkampus


Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 akan segera digelar. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara menyebut materi ujian tahun ini akan lebih sederhana dari tahun kemarin.
.
Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo. Ia menyebut kondisi saat ini enggak normal, jadi tes juga diselenggarakan sesuai situasi yang ada.
.
Perubahan pada UTBK hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS). Akan disesuaikan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil. Baik itu prodi IPA atau IPS.
.
Perubahan lainnya tiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Pelaksanaan tes dilaksanakan empat sesi setiap hari, kecuali pada Jumat sebanyak dua sesi. Selain itu, pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dilakukan secara bersamaan.
.
UTBK tahun ini akan digelar di 74 perguruan tinggi negeri (PTN) di tiap provinsi. Peserta diminta untuk mengikuti tes di PTN yang ada di kota masing-masing.
.
Dengan adanya wabah virus corona, pelaksanaan UTBK akan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat, serta mengikuti prosedur pemeriksaan COVID-19. Prosedur ini harus dipatuhi peserta, mulai dari masuk ruang ujian, saat ujian, dan setelah ujian.
.
Sementara itu, jadwal pendaftaran UTBK dimulai pada 2-20 Juni 2020, dan ujiannya pada 5-12 Juli mendatang. Sementara, hasilnya akan diumumkan pada 25 Juli 2020. Untuk dapat mengikuti UTBK, peserta diwajibkan membayar biaya sebesar Rp 150 ribu, dan gratis untuk peserta yang memiliki nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kemdikbud Tegaskan Tak Akan Mundurkan Tahun Ajaran Baru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan tahun ajaran baru akan tetap dimulai pada pertengahan Juli 2020. Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, mengatakan, pihaknya tidak akan memundurkan tahun ajaran baru..Beberapa sinkronisasi tersebut misalnya terkait dengan jalannya perkuliahan di perguruan tinggi. Saat ini perguruan tinggi sudah […]

Subscribe US Now