Populer Di Kampus UII Dilaporkan Tuduhan 30 Kasus Pelecehan Seksual

masukkampus

Aliansi UII Bergerak bersama LBH Yogyakarta memperbarui data korban pelecehan seksual terhadap seorang alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang berinisial IM. Korban diduga mencapai 30 orang. IM selama ini dikenal sebagai sosok yang santun, sopan, dan cerdas hingga bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri.
.
Meila Nurul Fajriah selaku kuasa hukum korban menjelaskan pelecehan seksual yang dilakukan IM ini beragam mulai dari pelecehan secara verbal, video call sembari menunjukkan alat kelaminnya, hingga menggesek-gesekan alat kelamin ke perut korban.
.
Lanjutnya, mayoritas korban merupakan junior IM. Para korban ini sangat ngefans dengan IM yang begitu populer di kampus. Awalnya para korban tampak gembira diajak komunikasi oleh IM yang tak lain adalah idolanya.
.
Namun semua itu menguap begitu saja ketika obrolan via WhatsApp atau Instagram berlanjut. Obrolan IM terus menjurus ke obrolan hubungan seksual. Meila menyebut ini ada relasi kuasa yang kuat dan amat timpang.
.
Usai kejadian, mayoritas korban langsung menghapus pesan itu lantaran merasa malu. Lanjut Meila, tidak mudah bagi korban untuk menceritakan hal ini. Mayoritas korban baru menceritakan cerita kelamnya pertama kali kepada Aliansi UII Bergerak dan LBH Yogyakarta. Dari pendataan yang dilakukan Aliansi UII Bergerak dan LBH Yogyakarta, pelecehan seksual ini dilakukan dalam rentang waktu 2016 hingga 11 April 2020.
.
Dari pengaduan tersebut, para korban mengharapkan hal sebagai berikut.
– Ibrahim mengakui seluruh tindakan kekerasan seksualnya kepada publik dengan tidak menyebutkan nama penyintas
– Tidak ada lagi institusi, komunitas, organisasi maupun sekelompok orang yang memberikan panggung bagi Ibrahim Malik untuk menjadi penceramah, pemateri ataupun segala bentuk glorifikasi, termasuk di dalam Universitas Islam Indonesia.
– Universitas Islam Indonesia sebagai almamater dari mayoritas penyintas, harus membuat regulasi terkait pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus agar tidak terjadi lagi kasus-kasus yang serupa.
.
Sementara itu, UII telah menyatakan sikap salah satunya dengan mencabut gelar mahasiswa berprestasi yang diberikan kampus kepada IM pada 2015. Gelar itu dicabut setelah kampus mendapat keterangan dari sejumlah korban dan keterangan IM. UII juga mendorong IM agar menunjukkan itikad baik serta bertindak kooperatif.
.
Orang yang diduga adalah IM sudah memberikan klarifikasi di akun Instagram. Diketahui, saat ini IM sedang menempuh pendidikan di Melbourne, Australia. Melalui unggahan di Instagram, IM memberikan klarifikasi terkait kasus pelecehan seksual yang menyeretnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Ambis..! Dengan Ikutan Ikutan TO Online UTBK Part 21 GRATIS Persembahan MasukKampus

Hai Pejuang PTN 2020.. !Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini…Yuk, harus tetep semangat buat persiapan UTBK yaa..!.Ngambis Yuk..!! Kamu bisa ikuti Try Out Online UTBK Part 21 GRATIS..! yang diselenggarakan oleh @masukkampus dengan berbagai keunggulan yang ada dan dengan Soal Model Terbaru (TPS Only) loh 😉.Apa saja sih keunggulan […]

Subscribe US Now