Rektor UNDIP Kalim Telah Bahas Kenaikan UKT Dengan BEM

masukkampus

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Yos Johan Utama, menyebut penaikan uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru angkatan 2020 sudah melalui kesepakatan. Kenaikan biaya kuliah ini hasil pembahasan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) setiap fakultas.
.
Menurut Yos Johan, UKT untuk mahasiswa baru tahun 2020 telah dibahas tahun 2019 bersama dengan BEM Fakultas masing-masing dan diputus pada bulan Februari 2020.
.
Johan mengatakan, kebijakan ini termuat dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor:149/UN7.P/HK/2020 tentang Penetapan Besaran Uang Kuliah Tunggal dan Sumbangan Pembangunan Institusi Program Sarjana/Diploma Universitas Diponegoro. Penaikan UKT tak diberlakukan bagi mahasiswa lama.
.
Ia menegaskan kebijakan ini diteken sebelum pandemi. Ia pun menepis anggapan Undip sengaja menaikkan UKT di tengah pandemi virus korona (covid-19), sehingga memberatkan mahasiswa. Pihak kampus, kata dia, justru akan membantu mahasiswa yang tidak mampu membayar uang kuliah imbas pandemi, dengan memberikan keringanan.
.
Tambahnya, tidak hanya untuk mahasiswa lama,bagi mahasiswa baru pun Undip akan memberikan keringanan, penundaan bahkan pembebasan UKT karena ketidakmampuan finansial dampak pandemi covid-19 sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan.
.
Selain akan memberi keringan, Johan mengaku pihaknya juga sudah membantu dan melindungi mahasiswa selama masa darurat covid-19. Misalnya, memberikan bantuan kuota internet untuk kuliah daring hingga sembako dan magang mahasiswa.
.
Gerakan #UndipKokJahatSih sempat ramai di jagat maya dan menjadi trending topic di Twitter beberapa waktu lalu. Banyak mahasiswa yang mengungkapkan kekecewaan, baik melalui video maupun meme atas kebiajakan penaikan uang kuliah.
.
BEM Undip juga ikut berkicau melalui akun twitternya @BEMUndip_. Mereka menolak kenaikan UKT mahasiswa baru tahun ajaran 2020. BEM Undip juga meminta agar pihak kampus membuat kajian alasan kenaikan UKT, lalu meminta agar menunda dan meninjau kembali kenaikan UKT bagi mahasiswa tahun 2020 di tengah pandemi virus korona saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Evaluasi Belajar Online Nadiem Kaget Luar Biasa Mendapat Keluhan Tidak Ada Sinyal & Listrik

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku telah menerima berbagai keluhan dari kegiatan belajar di rumah secara online. Nadiem mengaku kaget saat mengetahui masih adanya keluhan tidak ada sinyal dan listrik..Nadiem mengatakan kaget luar biasa bahwa ada yang bilang tidak ada sinyal TV bahkan ada yang bilang tidak punya […]

Subscribe US Now