SBM-PTNP 2020 Sudah Dibuka Cek Informasinya

masukkampus 1

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM-PTNP). Calon mahasiswa bisa memilihi 6 (enam) perguruan tinggi negeri pariwisata yang berada di bawah naungan Kemenparekraf.
.
Seleksi diterapkan sebagai langkah awal untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang profesional baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, pendidikan pariwisata merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan kepariwisataan Indonesia.
.
Untuk itu, ia mengajak lulusan sekolah menengah atas atau sederajat (SMA/SMK/MAN) di seluruh Indonesia mengikuti seleksi dan bersama mengembangkan pariwisata Indonesia masa depan.
.
Saat ini terdapat enam (6) Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Bali, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Makassar, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Medan, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Palembang dan Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Lombok.
.
Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Anggara Hayun Anujuprana mengatakan, seleksi bersama ini pertama kali dimulai pada 2016. Bertujuan memberikan akses yang lebih mudah dan kesempatan lebih besar bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA) seluruh Indonesia untuk mendapatkan pendidikan pariwisata.
.
Proses pelaksanaan seleksi melalui jalur SBM-PTNP akan melalui beberapa tahapan yakni: Pendaftaran Online, Tes Seleksi Tahap 1 yaitu Psikotes dan Bahasa Inggris, Pengumuman Seleksi Tahap 1, Tes Seleksi Tahap 2 yaitu Pemeriksaan Kesehatan dan Wawancara, serta yang terakhir adalah Pengumuman Tahap 2.
.
Dalam seleksi ini, setiap calon peserta dapat memilih tiga program studi dari enam PTNP di bawah Kemenparekraf. Setiap calon peserta juga dapat memilih sendiri lokasi tempat seleksi/ujian berdasarkan lokasi perguruan tinggi pariwisata di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.
.
Proses pendaftaran SBM-PTNP dibuka mulai 10 Maret 2020 hingga 20 Mei 2020 melalui website http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id/.

One thought on “SBM-PTNP 2020 Sudah Dibuka Cek Informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UNS Beri Keringanan Sampai Pembebasan UKT Sesuai Klaster

Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta tidak akan menaikkan besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di semester ganjil 2020/2021 mendatang. UNS masih menggunakan besaran UKT pada tahun ajaran 2019/2020..Namun, Jamal tak menyebutkan berapa besaran UKT secara rinci. Hanya saja ntuk Fakultas dengan biaya terbesar di UNS masih dipegang oleh Fakultas Kedokteran […]

Subscribe US Now