UNPAD Bebaskan Biaya Kuliah Mahasiswanya, Perhatikan Syaratnya

masukkampus

Universitas Padjadjaran (Unpad) memperpanjang masa studi bagi mahasiswa yang berada di batas akhir masa studinya. Bagi mahasiswa yang memenuhi syarat, Unpad pun membebaskan biaya pendidikan. Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi mengatakan, kebijakan khusus tersebut berupa perpanjangan satu semester.
.
Kebijakan perpanjangan masa studi ini tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 367/UN6.RKT/KEP/HK/2020 tentang Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Universitas Padjadjaran.
.
Dalam SK tersebut, selain perpanjangan masa studi, mahasiswa yang memenuhi syarat dibebaskan dari kewajiban membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP). Dandi menjelaskan, ada beberapa syarat yang diajukan untuk bisa memperoleh kebijakan tersebut.
.
Pertama, mahasiswa tahun terakhir yang sudah memasukkan mata kuliah tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, atau bentuk tugas akhir lainnya ke dalam kontrak perkuliahan.
.
Kedua, mahasiswa di tahun terakhir yang memenuhi syarat pertama, tetapi mengalami hambatan dalam pengerjaan dan penyelesaian tugas akhirnya. Hambatan yang dimaksud dapat berupa kesulitan mencari data di lapangan karena adanya pembatasan akses, kesulitan melakukan pembimbingan jarak jauh di masa Work from Home (WFH).
.
Syarat ketiga, kebijakan ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan proses pembimbingan tetapi tidak sempat mendaftar sidang di semester berjalan.
.
Hal ini berlaku untuk sidang skripsi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan. Kemudian ujian tesis atau ujian akhir lainnya untuk mahasiswa program profesi, magister, atau spesialis. Serta Penelaahan Naskah Disertasi (PND) atau Sidang Promosi Doktor (SPD) untuk mahasiswa program Doktor.
.
Kebijakan perpanjangan masa studi dan pembebasan UKT/BPP di Unpad difokuskan untuk mahasiswa tingkat akhir. Sebab kegiatan belajar mengajar, seperti layanan pembelajaran, UTS/UAS, ujian sidang, usulan penelitian ataupun tugas akhir bagi mahasiswa yang belum masuk batas akhir masa studi tetap dilaksanakan sesuai jadwal.
.
Namun, pelaksanaannya dialihkan ke perkuliahan jarak jauh dengan sistem daring. Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan, kondisi berbeda sangat mungkin terjadi kepada mahasiswa semester akhir.
.
Risiko terjadinya hambatan bagi kelompok mahasiswa di batas akhir studi untuk menyelesaikan tugas akhir, skripsi, tesis, atau disertasi di masa kedaruratan ini cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kurang Dari Sejam Alat Buatan ITB Dan UNPAD Bisa Deteksi Covid-19

Indonesia melalui para Peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) saat ini sedang mengembangkan alat tes cepat micro-chip untuk mendeteksi virus corona (Covid-19)..Peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Isa Anshori mengatakan, bahwa alat buatan Indonesia ini akan mampu mendeteksi Covid-19 dalam waktu kurang dari satu jam..Alat tes […]

Subscribe US Now