Pertama Di Indonesia ITB Terbitkan Ijazah Digital

masukkampus

Institut Teknologi Bandung mulai menerapkan kebijakan penggunaan ijazah digital dengan tanda tangan elektronik bersertifikat (digital signature).
.

Kebijakan tersebut akan diterapkan bagi lulusan ITB yang akan diwisuda pada Wisuda Kedua Tahun Akademik 2019/2020 yang pelaksanaannya ditiadakan karena pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia.
.
Seiring dengan revolusi industri 4.0 dan peluang-peluang transformasi yang dimungkinkannya, ITB yang sudah berencana merancang ijazah dengan berbasiskan teknologi digital sejak awal masa jabatan Rektor yang baru dalam membawa semangat transformasi.
.
ITB menggunakan Standar PAdES (PDF Advance Electronic Signature) pada penerapan Ijazah dan Transkrip Digital. Ijazah digital diamankan secara kriptografi dengan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik yang sudah tersertifikasi oleh Kementerian KOMINFO menurut SK Nomor 790 tahun 2019.

Oleh karena itu, Ijazah Digital/Elektronik tidak dapat diubah dan jika dilakukan perubahan terhadap isi dari ijazah setelah ditandatangani oleh Dekan dan Rektor ITB, maka akan terdeteksi ketika melakukan verifikasi dengan menggunakan aplikasi pembacaan PDF pada bagian digital signature.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini 10 Besar SMA Dengan Persentase Lulus SNMPTN Tertinggi DIY

Salah satu SMA paling favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menduduki peringkat I hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020..SMA itu ialah SMAN 3 Yogyakarta dengan persentase siswa diterima SNMPTN 2020 sebesar 83,1 persen. Yakni siswa diterima sebanyak 74 siswa dari 89 pendaftar..Ditempat kedua ialah SMAN 8 […]

Subscribe US Now