Nadiem Akan Rombak Kurikulum Demi Kurangi Bebas Siswa

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan bakal mengurangi beban siswa dalam penyederhanaan kurikulum. Ia berpendapat kurikulum saat ini masih membebani siswa.
.
Namun ia menyatakan belum ada keputusan konkret dari pihaknya bagaimana modifikasi kurikulum akan dilakukan. Kemendikbud masih membahas konten kurikulum yang akan dipangkas.
.
Nadiem menilai kurikulum yang diterapkan di sekolah masih membebani siswa. Pada akhirnya Nadiem menilai guru tidak bisa mengajar sesuai kemampuan masing-masing siswa.
.
Untuk itu modifikasi kurikulum nantinya, kata Nadiem, bakal disesuaikan dengan kemampuan siswa yang beragam. Artinya dalam satu kelas siswa bisa mengerjakan hal yang berbeda-beda.
.
Selain modifikasi kurikulum, penyaluran buku pada perpustakaan di sekolah juga bakal diselaraskan. Nadiem menilai selama ini penyaluran buku hanya berfokus pada buku pelajaran.
.
Padahal untuk meningkatkan mutu literasi, menurutnya harus ditanamkan sikap senang membaca. Untuk itu buku yang disalurkan seharusnya yang memiliki konten menarik.
.
Presiden Joko Widodo sebelumnya mengungkap nilai Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) Indonesia jeblok. Pada PISA 2018, Indonesia menempati urutan ke 72 dari 77 negara. Tes ini dilakukan di negara-negara untuk memetakan pencapaian pendidikan dunia.
.
Penyederhanaan kurikulum sendiri, kata Nadiem, perlu dilakukan. Namun ia mengatakan mengubah kurikulum butuh waktu, serta kajian dan persiapan mendalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tugas Akhir Tidak Selesai Karna Corona ITB Gratiskan Biaya Semester Selanjutnya

Insititut Teknologi Bandung ( ITB) menggratiskan biaya kuliah/biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP) semester depan untuk mahasiswa yang tak bisa menyelesaikan tugas akhir karena terdampak corona..Kebijakan tersebut diambil ITB sebagai bentuk respons terhadap masa darurat wabah pandemik corona yang berakibat pada keterbatasan berlangsungnya kegiatan akademik..Pembebasan biaya kuliah tersebut berlaku untuk mahasiswa yang […]

Subscribe US Now