UKK Untuk Siswa SMK DIHAPUS..! Ini Penggantinya

masukkampus

Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, Mendikbud Nadiem Makarim meniadakan penyelenggaraan UN dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa SMK. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Plt Dirjen Vokasi), Patdono Suwignjo mengatakan, UKK ditiadakan di masa pandemik Covid-19 karena uji kompetesi tersebut harus dilakukan secara tatap muka sehingga sangat sulit dilakukan secara daring.
.
Patdono dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI mengatakan mengingat bahwa sekarang lagi wabah Covid-19, kami lebih menitikberatkan pada keselamatan jiwa, maka uji kompetensi keahlian untuk SMK tahun 2020 tidak diadakan. Tapi tidak berarti bahwa kita tidak bisa menilai kompetensi keahlian dari siswa SMK.
.
Patdono menjelaskan, ada empat cara yang bisa diambil sebagai alternatif pengganti UKK. Alternatif pertama yaitu menggunakan nilai kompetensi praktik siswa yang telah dilakukan pada semester 1 sampai dengan 5, karena pada kurikulum SMK terdapat komposisi praktik dengan proporsi 60 s.d 70 persen. Alternatif kedua yaitu menggunakan penilaian dari praktik industri, karena siswa SMK melaksanakan praktik industri selama minimal tiga bulan pada semester 5 menjelang semester 6.
.
Selanjutnya alternatif ketiga memakai nilai dari uji sertifikasi keahlian siswa. SMK juga mempunyai catatan nilai yang bisa digunakan untuk menggantikan nilai uji kompetensi keahlian.
.
Alternatif keempat yaitu apabila Covid-19 sudah selesai, maka SMK bisa bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) maupun dengan industri untuk melakukan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK.
.
Senada dengan hal tersebut, Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang), Totok Suprayitno, mengatakan bahwa ada berbagai alternatif yang bisa digunakan sebagai indikator kelulusan siswa. Misalnya, sekolah dapat menggunakan nilai semester genap tahun terakhir sebagai tambahan nilai kelulusan. Menurut Totok nilai tersebut menjadi dasar nilai ijazah yang digunakan untuk keperluan lebih lanjut termasuk untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jadi ini memang relaksasi dari kebijakan-kebijakan yang selama ini dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Move On..! Dengan Ikutan TO Online UTBK Part 17 GRATIS Persembahan MasukKampus

Hai Pejuang PTN Impian.. !SNMPTN merupakan langlah awal perjuanganmu…Yuk move on pelan-pelan walau perih untuk perjuangan selanjutnya di UTBK.Kamu bisa ikuti Try Out Online UTBK Part 17 GRATIS..! yang diselenggarakan oleh @masukkampus dengan berbagai keunggulan yang ada loh 😉.Apa saja sih keunggulan Try Out @utbk_sbmptn Part 17 ?1. Menggunakan sist CAT, bukan Google Form […]

Subscribe US Now