Kamu Harus Tahu Ada 7 Fakta Penting Tentang SNMPTN 2020

masukkampus

Hari ini secara resmi LTMPT mengumumkan hasil SNMPTN tahun 2020. Faktanya adalah:
.
1. Provinsi pendaftar terbanyak
Tahun ini pendaftar terbanyak berasal dari provinsi Jawa Barat sebanyak 77.371 siswa, 10.756 merupakan siswa penerima KIP.
.
2. Universitas pendaftar terbanyak
Jumlah pelamar terbanyak diperoleh Universitas Brawijaya yang diminati 30.932 pelamar dalam SNMPTN 2020. Selain itu masih ada Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran di urutan berikutnya.
.
3. Penerima KIP Kuliah terbanyak
Universitas Malikussaleh merupakan PTN penerima peserta KIP Kuliah terbanyak yakni sebanyak 1.164 siswa dengan KIP Kuliah.
.
4. Universitas penerima terbanyak
PTN Brawijaya merupakan universitas penerima terbanyak menerima siswa jalur SNMPTN sebanyak 4.303 siswa, diikuti oleh PTN lain yakni UPI, Universitas Malikussaleh dan UNS.
.
5. Prodi Saintek paling ketat
Program studi saintek paling tinggi diraih prodi Teknik Informatika dengan tingkat keketatan 1,20 persen atau sekitar 1 berbanding 60 hingga 65 siswa. Prodi lain dengan keketatan tinggi saintek tahun ini di antaranya Farmasi dan Kedokteran Gigi.
.
6. Prodi Soshum paling ketat
Sedangkan prodi soshum, keketatan paling tinggi berada di prodi Manajemen dengan keketatan 0,9 persen yang diikuti prodi soshum lain yakni Ilmu Komunikasi, Pendidikan Guru SD (PGSD), Ilmu Hubungan Internasional dan Akuntansi.
.
7. Kota dan kabupaten terbanyak
Kota Medan, menjadi kota yang berhasil meloloskan siswanya dalam jalur SNMPTN 2020 sebanyak 1.873 siswa.
Surabaya, Bandung, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur merupakan kota lain yang masuk dalam 5 besar kota terbanyak meloloskan siswa dalam SNMPTN 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Karena Corona, Daftar Ulang SNMPTN 2020 Dilakukan Secara Online

Sejumlah perguruan tinggi negeri memberlakukan verifikasi peserta SNMPTN 2020 secara online dalam rangka pencegahan penularan virus corona. Proses registrasi mahasiswa baru melalui laman resmi yang telah ditentukan masing-masing kampus. Universitas Indonesia misalnya, menetapkan proses verifikasi secara online berkenaan dengan situasi pandemi virus Corona. Diwajibkan untuk mengunggah kartu tanda peserta SNMPTN […]

Subscribe US Now