UNESA Hapus Kewajiban Skripsi Karna Corona

masukkampus

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menghapus kewajiban skripsi dan diganti dengan artikel ilmiah bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus. Keringanan itu berlaku selama pandemi virus corona (Covid-19).
.
Rektor Unesa Nurhasan mengatakan kebijakan itu dikeluarkan karena banyak mahasiswa yang mengeluh. Mereka kesulitan turun ke lapangan untuk melakukan penelitian di tengah pandemi virus corona.
.
Pihak kampus, kata Nurhasan, tak mau memberikan beban yang terlalu berat bagi mahasiswa. Menurutnya, jika skripsi tetap diwajibkan, psikis mahasiswa bisa tertekan dan akan berdampak buruk pada kesehatan dan imunnya.
.
Artikel ilmiah pengganti skripsi juga tidak akan sulit. Mahasiswa diberikan kemudahan untuk menyelesaikannya.
.
Mahasiswa hanya perlu melakukan kajian pustaka sesuai kompetensi yang, tanpa perlu turun lapangan. Tergolong sederhana.
.
Penilaian artikel ilmiah langsung dilakukan oleh dosen pembimbing mahasiswa yang bersangkutan. Dengan demikian, mahasiswa tak perlu melewati tahapan sidang, seperti laiknya penilaian skripsi.
.
Jika sudah ada mahasiswa sudah terlanjur merampungkan skripsi dan hanya tinggal melakukan tahapan sidang, bisa dilanjutkan secara dalam jaringan (daring) atau via internet. Pihak kampus akan memfasilitasi.
.
Kebijakan tersebut hanya berlaku di tengah pandemi Covid-19. Jika wabah telah mereda, maka skema sayarat kelulusan mahasiswa akan kembali pada mekanisme skripsi.
.
Nurhasan mengatakan hal itu telah dibahas dalam rapat pimpinan dan dewan senat Unesa. Dari rapat disepakati bahwa skripsi ditiadakan dan diganti dengan artikel ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wow Ada 96.469 Siswa LOLOS SNMPTN 2020

Sebanyak 96.469 siswa diterima atau lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020.Hal ini disampaikan Ketua LTMPT, Prof Mohammad Nasih melalui siaran langsung pengumuman SNMPTN 2020 melalui kanal YouTube LTMPT Official, Rabu (8/4/2020)..Pada kesempatan tersebut, Prof Mohammad Nasih menyampaikan, jumlah siswa yang berhak mendaftar SNMPTN 2020 […]

Subscribe US Now