UN Dibatalkan Ini Syarat Penentu Kelulusan Siswa

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi menghapus ujian nasional (UN) 2020 akibat pendemi Corona (COVID-19). Kemendikbud telah mengatur mekanisme kelulusan siswa.
.
Hal ini ditekankan Mendikbud Nadiem Makarim dalam Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease.
.
Dalam edaran itu, syarat penentu kelulusan siswa adalah ujian sekolah (US). Nadiem mengatakan ujian sekolah untuk kelulusan tidak boleh berbentuk tes yang mengumpulkan siswa di suatu tempat. kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat edaran ini.
.
Lebih lanjut, ujian sekolah dapat dilakukan dengan berbagai jenis asesmen. Sekolah dapat membuat ujian sekolah dalam bentuk portfolio hingga tes secara online.
.
Selain melalui ujian sekolah, nilai rapor dapat menjadi penentu kelulusan siswa. Bagi jenjang SMK, kelulusan siswa dapat ditentukan berdasarkan nilai praktik kerja lapangan, portofolio, dan nilai praktik selama lima semester terakhir.
.
Sementara itu, bagi jenjang SD, SMP, dan SMA, kelulusan dapat ditentukan berdasarkan nilai dari lima semester terakhir yang diperoleh siswa. Misalnya bagi jenjang SD dapat memakai nilai rapor siswa sejak dari kelas 4 hingga kelas 6.
.
Sambungnya, kelulusan sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat dan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Heboh Mahasiswa UNPAD Dijemput Petugas Pakai APD Lengkap Di Cafe

Sebuah video soal mahasiswa Unpad dijemput petugas medis dengan alat pelindung diri (APD) lengkap dan ambulans beredar. Kabarnya, mahasiswa itu dijemput karena isu virus corona..Terkait heboh video itu, pihak Unpad memberi penjelasan. Pada Senin (30/3), Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran Dandi Supriadi menyampaikan bahwa mahasiswa itu memang dijemput petugas […]

Subscribe US Now